12 Tanaman Herbal yang dapat Dijadikan Sebagai Obat Alami Diabetes

12 Tanaman Herbal yang dapat Dijadikan Sebagai Obat Alami Diabetes
13 Juli 2017 admin

Obat alami diabetes – Diabetes atau kencing manis termasuk penyakit kronis dimana masa penyembuhan dan pengobatannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Diabetes sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh jumlahnya kadar gula dalam darah yang melebihi batas normal. penyakit ini  juga merupakan penyakit yang bersaing dengan HIV sebagai penyakit paling mematikan di dunia. Selain di cap sebagai penyakit mematikan, diabetes juga dijuluki sebagai penyakit yang dapat merusak kehidupan seksualitas penderitanya. Salah satu masalah seksualitas yang disebabkan oleh diabetes adalah impotensi. Karena terdapat hubungan erat antara diabates dan impotensi. Ya, impotensi, tentunya akan sangat merusak kehidupan seksualitas seorang pria bukan? Itulah sebabnya mengapa diabetes sangat ditakuti para pria.

untuk masalah pengobatan, sebenarnya mengobati diabetes sangatlah mudah dan simple. Hanya dengan menghindari kebiasaan buruk, menjaga pola makan, rutin periksa ke dokter, dan yang paling penting adalah niat dan tekad yang sungguh sungguh. Akan tetapi semua itu membutuhkan kesabaran yang ekstra. Akan tetapi jangan risau, ada alternatif lain yang lebih mudah untuk mengobati diabetes. Tak lain adalah dengan memanfaatkan tanaman herbal yang ada disekeliling kita. Kalau begitu, simak yuk beberapa tanaman herbal yang dapat dijadikan sebagai obat diabetes alami

tanaman herbal yang dapat dijadikan sebagai obat diabetes alami

  • teh hijau

tanaman herbal - teh hijau

tanaman herbal yang pertama adalah teh hijau. Orang orang sering meminum teh hijau pada saat melakukan diet. hal itu disebabkan karena teh hijau dapat membantu membakar lemak dan tentunya rendah kalori. Selain itu, ternyata teh hijau juga mempunyai manfaat lain, yaitu mampu menyerap gula. Tentunya hal ini akan sangat membantu mengatasi penyakit diabetes. Teh hijau akan membantu menyerap dan mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Selain menyerap gula, polifenol yang terdapat pada teh hijau juga dapat membantu  meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes.

  • Kayu manis

    green tea kayumanis

Ya, kayu manis juga merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat dijadikan sebagai obat alami diabetes. Kayu manis sangat cocok bagi anda penderita diabetes tipe 2. Kandungan senyawa yang terdapat pada kayu manis mampu meningkatkan respon dan sensitivitas insulin. Dan tentunya kayu manis juga dapat menormalkan dan mengurangi kadar gula darah yang jumlahnya melebihi batas normal.

  • Daun sambiloto

 

sambilotokapsul

Walaupun merupakan tanaman liar, sambiloto merupakan tanaman herbal yang mempunyai segudang manfaat. Samboloto memang dijadikan sebagai ramuan atau obat dan kemudian dijual. Salah satu manfaat dari daun sambiloto adalah dapat dijadikan sebagai tanaman herbal untuk mengobati diabetes.

Daun sambiloto mengandung zat andropholide yang dapat mengurangi jumlah kadar gula darah yang semula melebihi jumlah normal. hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian di ITB oleh soedigdo dan teman temannya mengenai manfaat daun sambiloto. Mereka menggunakan kelinci pada percobaan tersebut. Dan mereka mengatakan bahwa zat andropholide yang ada pada sambiloto memang benar benar mampu menormalkan kadar gula darah.

  • Buah mahkota dewa

 

green tea mahkota dewa

Tanaman herbal selanjutnya adalah buah mahkota dewa. buah mahkota dewa juga merupakan tanaman yang kaya akan manfaat. Akan tetapi banyak yang mengaku tidak pernah melihat bahkan mengenali buah yang satu ini, lantaran keberadaannya yang cukup langka. Padahal buah mahkota dewa merupakan buah asli indonesia.

Buah yang mempunyai nama latin phaleria macricarpa ini mempunyai banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah mampu mencegah dan mengobati diabetes. Kandungan zat saponin yang ada pada buah mahkota dewa mengurangi dan menormalkan kadar gula darah dan juga mencegah penggumpalan darah. Selain mampu menormalkan kadar gula darah, zat saponin pada buah endemik ini juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga meningkatkan vitalitas lho. Tidak hanya itu, pokoknya banyak deh manfaat buah yang satu ini. jika ingin melihat manfaatnya secara keseluruhan, silahkan lihat di 14 manfaat buah mahkota dewa. jika sulit menemukan buah mahkota dewa, maka jangan khawatir. Karena buah mahkota dewa telah banyak dijual dalam bentuk ramuan ataupun dalam bentuk kapsul.

  • Daun ceremai

green tea ceremai

Pernah makan buah ceremai? Ya, buah yang bentuknya bulat kecil dan rasanya yang masam tersebut ternyata mempunyai daun yang memiliki khasiat tak terduga. Daun ceremai mengandung 2 zat penting yang berperan aktif dalam penyerapan glukosa. Kedua zat tersebut tak lain adalah zat saponin dan zat tanin. Zat zat tersebut mampu menyerap glukosa dan menormalkan kadar gula darah.

Selain mampu mengobati diabetes, ternyata zat saponin dan zat sanin yang dikandungnya juga dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Pokoknya banyak deh manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengkonsumsi ramuan daun ceremai. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat di 10 manfaat daun ceremai bagi kesehatan

  • Belimbing wuluh

green tea blimbi

Belimbing wuluh merupakan belimbing yang berbeda dengan belimbing lainnya. Bentuknya yang lonjong dan rasanya yang sangat masam menjadikan belimbing wuluh memiliki cirikhas tersendiri. Belimbing wuluh sering dijadikan sebagai bahan masakan para ibu ibu. Masakan yang sering mengandalkan belimbing wuluh diantaranya adalah pepes ikan, sayur asam, dan juga sambal. Selain dijadikan sebagai bahan masakan, ternyata belimbing wuluh memilki banyak sekali manfaat. Termasuk bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes.

Kandungan gizi yang terdapat pada belimbing wuluh sehingga dapat mengobati diabetes antara lain adalah vitamin c, saponin, glukosid, tanin, asam folat, kalsium oksalat. Peroksida, sulfur, flavanoid, dan kalsium sitrat. Tidak hanya mampu mengobati diabetes, belimbing juga mempunyai manfaat lain. untuk lebih jelasnya silahkan lihat di 17 manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan dan kecantikan.

  • Kumis kucing

kumis kucing kapsul

Kumis kucing merupakan tanaman herbal yang juga mempunyai segudang manfaat, termasuk bermanfaat untuk mengobati diabetes. Tanaman herbal yang mempunyai nama latin orthosipon arisatus ini mengandung beberapa senyawa yang dapat menormalkan kadar gula darah dalam tubuh. Senyawa tersebut antara lain adalah sinensetin, zat semak, minyak atsiri, kalium, mionositol, sapofonin, dll. Selain dpat menormalkan kadar gula darah, senya senyawa tersebut juga dapat membantu meningkatkan produksi insulin dan juga meningkatkan fungsi dan sensitivitas insulin. kumis kucing tidak hanya mampu mengatasi masalah kadar gula darah saja. namun juga mempunyai manfaat lain. untuk lebih jelasnya silahkan lihat di 14 manfaat kumis kucing bagi kesehatan

  • Daun pegagan

pegagan kapsul

Daun pegagan merupakan tanaman herbal yang memilki rasa yang agak sedikit manis dan juga memberikan efek dingin seperti daun mint. Banyak yang belum tahu bahwa ternyata daun yang bentuknya mirip seperti kaki kuda ini memilki banyak sekali khasiat. Daun ini juga sering dicari dan digunakan dalam dunia obat obatan dan juga sering dijadikan ramuan.

Orang orang sering menjadikan daun pegagan sebagai ramuan untuk menurunkan kadar gula darah. Ya, daun pegagan memang dapat mengobati penyakit diabates karena daun pegagan mengandung senyawa yang dapat menurunkan kadar gula darah dan juga meningkatkan produksi insulin. selain itu, daun ini juga mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi. Walapun belum ada yang meneliti lebih lanjut mengenai manfaat daun pegagan bagi penderita diabetes,namun sudah ada banyak orang yang benar benar membuktikannya dan merasakan khasiatnya.

  • Buah mengkudu

buah mengkudu kapsul

Buah mengkudu merupakan tanaman yang aslinya berasal dari hawai yang mempunyai banyak sekali khasiat. Orang orang juga sering merebus buah mengkudu dan menjadikannya jamu agar mendapatkan khasiatnya. Salah penyakit yang dapat diatasi dengan mudah oleh buah noni ini adalah diabetes. Banyak para ahli yang sudah meneliti dan membuktikan bahwa kandungan gizi yang ada pada buah mengkudu memang terbukti mampu mengobati diabetes. Kandungan gizi tersebut antara lain adalah vitamin, serat, kalium, kalsium, fosfor dan tentunya juga kaya akan antiokisdan. Antioksidan ini dapat membantu mempercepat penyembuhan diabetes dan membantu mempercepat pemulihan luka pada penderita diabetes.

Tidak hanya diabetes yang dapat diatasi oleh buah mengkudu, akan tetapi terdapat banyak sekali manfaat lainnya yang akan didpatkan jika mengkonsumsi buah mengkudu. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat di 45 manfaat buah mengkudu bagi kesehatan

  • Daun kemangi

green tea kemangi

Jika ada yang bertanya tanaman apa yang daunnya aromanya paling sedap? maka jawabannya adalah kemangi. Orang orang sering menggunkan kemangi sebagai lalapan. Namun ternyata daun kemangi juga merupakan tanaman herbal yang dapat menjadi obat alami diabetes. Kandungan gizi yang ada pada tanaman yang mempunyai nama latin oncitum sanctum ini mampu membantu menurunkan gula darah dan juga mampu meningkatkan sekresi insulin.

Selain mengobati diabetes, daun kemangi mempunyai manfaat lain. untuk lebih jelasnya silahkan lihat di kandungan gizi dan manfaat daun kemangi.

  • Kulit manggis

natural remedies

Buah manggis memang buah yang sangat mudah dicari dan tentunya memilki rasa yang lezat. Buah manggis memang memilki banyak manfaat. Namun, jangan kira buahnya saja yang memilki manfaat. Namun kulitnya juga mempunyai manfaat yang lebih besar daripada buahnya. Beberapa waktu lalu, para peneliti sudah menyatakan bahwa kulit manggis dapat mengobati berbagai macam penyakit. Bahkan penyakit mematikan seperti kanker sekalipun. Selain kanker, tentunya kulit manggis juga dapat mengobati diabetes.

Senyawa xanthone yang terdapat pada diabates dapat menurunkan dan menormalkan kadar gula darah. Selain senyawa xanthone, kulit manggis juga mengandung sneyawa antioksidan yang sangat tinggi dimana zat antioksidan tersebut dapat melindungi insulin dan organ pankreas dari kerusakan dan serangan radikal bebas. Zat antioksidan yang terdapat pada buah dan kulit manggis setara dengan 10Xlipat zat antioksidan yang terdapat pada buah buahan lainnya.

  • Daun sirsak

Selain kulit manggis, daun sirsak juga mempunyai segudang manfaat. Daun sirsak juga dipercaya mampu menjaga dan menormalkan kadar gula darah pada tubuh. Selain itu, daun sirsak juga dapat memperbaiki dan meningkatkan fungsi pankreas yang berperan aktif dalam memproduksi insulin.

Demikianlah informasi yang saya berikan mengenai beberapa tanaman herbal yang dapat dijadikan obat alami diabetes. Mengobati penyakit diabetes memang sangat perlu. Karena apa? Karena jika dibiarkan ,penyakit diabetes lama lama akan menyebabkan komplikasi. Oleh karena itu diabetes harus cepat ditangani. Termasuk menangani menggunakan tanaman herbal di atas. Selain mengkosnsumsi tanaman herbal diatas, penderita diabetes juga harus menghindari kebiasaan buruk dan juga menjaga pola makan.

 

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*