12 Tips Olahraga Saat Puasa

12 Tips Olahraga Saat Puasa
21 Juni 2017 admin

Tips Olahraga Saat Puasa – Umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa di bulan Ramadhan. Tak hanya puasa, umat Muslim pun dianjurkan untuk menjalankan ibadah-ibadah lain. Di antaranya yaitu tadarrus, zakat, sedekah, dan lainnya. Dalam 1 hari, umat Muslim berpuasa mulai dari terbit fajar sampai tenggelamnya matahari. Selama kurang lebih 13 jam berpuasa tersebut, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman.

Selama berpuasa, sebagian orang terlihat malas-malasan dan kurang bersemangat. Hal ini bisa terjadi karena makanan yang dikonsumsi saat sahur kurang bergizi. Selain itu, telat sahur sehingga makan terburu-buru juga membuat makanan tidak tercerna dengan baik. Akibatnya, tubuh tidak mendapatkan asupan gizi dan stamina yang digunakan untuk beraktivitas.

Untuk menambah stamina dan semangat, salah satunya bisa diperoleh dengan berolahraga. Begitu pun saat puasa, cara ini harus dilakukan. Tentunya dengan langkah-langkah dan tips yang benar. Namun, tak banyak orang yang tahu bagaimana cara berolahraga yang benar saat puasa. Jika Anda pun kurang tahu cara berolahraga saat puasa, mari simak tips olahraga saat puasa berikut ini.

1. Pilih olahraga yang sesuai kemampuan

Tips ini berkaitan dengan pertanyaan “Olahraga apa yang baik dilakukan saat puasa?”. Ada berbagai pilihan olahraga saat puasa. Anda bisa melakukan latihan kardio di atas treadmill, bersepeda, yoga, jalan santai, latihan beban, bowling, atau menari. Tentunya dengan level yang ringan dan tidak memberatkan.

2. Olahraga menjelang berbuka puasa

Anda bisa ngabuburit dengan berolahraga sebelum berbuka puasa. Ada yang beranggapan bahwa waktu terbaik untuk melakukan olahraga adalah pada saat menjelang berbuka puasa. Seperti yang dilansir dari Kompas.com, dr. Saptawati Bardosono mengatakan bahwa olahraga sebaiknya dilakukan 30-60 menit menjelang berbuka karena mendekati waktu makan.

3. Olahraga sebelum sahur

Berolahraga sebelum sahur memang terasa berat, karena Anda harus bangun lebih pagi. Namun, waktu tersebut jauh lebih baik dibanding berolahraga setelah sahur karena berpotensi menyebabkan kehausan dan dehidrasi. Olahraga yang sering dilakukan sebelum sahur yaitu olahraga kardio di atas treadmill atau bersepeda.

4. Jangan berolahraga sebelum tidur

Tips ini tidak hanya ditujukan saat bulan Ramadhan saja, namun juga untuk bulan-bulan lainnya. Olahraga sebelum tidur bisa membuat Anda menjadi insomnia. Ingatlah bahwa Anda harus bangun pagi untuk sahur!

5. Hindari olahraga yang bisa membatalkan puasa

Tips Olahraga Saat Puasa - hindari berenangAdakah olahraga yang bisa membatalkan puasa? Jawabannya “ada”, yaitu berenang. Apabila Anda memilih untuk berolahraga sebelum berbuka puasa, hindarilah berenang. Air bisa saja tertelan saat Anda berenang sehingga membuat puasa Anda menjadi batal.

6. Nikmati olahraga yang Anda lakukan

Jangan menganggap olahraga sebagai kewajiban sehingga membuat Anda kaku dan terlalu fokus saat berolahraga. Berusahalah untuk santai dan menikmati olahraga yang Anda lakukan saat puasa. Jika Anda tidak mampu berolahraga setiap hari, lakukanlah setiap 2 atau 3 hari sekali.

7. Pilih tempat olahraga yang sejuk

Pilihlah tempat olahraga yang sejuk seperti tempat kebugaran, di bawah pohon rindang, di ruangan ber-AC, dan sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak dilanda kehausan berlebih saat berolahraga walaupun sedang berpuasa.

8. Pangkas durasi waktu saat berolahraga

Berapa waktu yang terbaik untuk berolahraga saat puasa? 30 menit, 1 jam, atau 2 jam? Durasi waktu berolahraga ini menjadi penting karena berpengaruh pula terhadap stamina dan kebugaran tubuh. Jika di luar bulan puasa Anda berolahraga selama 60 menit, saat puasa Anda cukup berolahraga sekitar 45 menit saja. Hal ini dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan berstamina.

9. Penuhi cairan tubuh saat berbuka hingga sahur

madu asli multiflora dalam Tips Olahraga Saat PuasaBerolahraga tentunya membuat seseorang menjadi haus. Apalagi jika dilakukan saat puasa. Untuk menghindari dehidrasi karena olahraga, penuhilah kebutuhan cairan tubuh saat berbuka hingga sahur. Anda disarankan untuk minum 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas air saat malam hari, dan 2 gelas air saat sahur. Anda juga bisa mengonsumsi madu yang memiliki berjuta khasiat untuk kesehatan tubuh.

10. Imbangi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi

Usahakan untuk tetap memakan makanan dalam jumlah yang sama seperti hari biasanya di luar bulan Ramadhan. Konsumsilah beragam makanan yang mengandung zat gizi karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral untuk menghasilkan cadangan energi.

11. Perhatikan juga lama tidur

Untuk menjaga tubuh tetap prima saat puasa, waktu tidur harus cukup. Waktu tidur yang baik adalah sekitar 7-9 jam per hari. Tidur siang mungkin diperlukan untuk mencukupi kebutuhan tidur tubuh, sehingga tubuh tetap sehat dan bugar.

12. Konsumsi suplemen penambah stamina saat sahur dan berbuka

lhiforvit dalam Tips Olahraga Saat PuasaAgar tubuh tetap bugar dan berstamina saat berolahraga di bulan Ramadhan, suplemen penambah stamina bisa menjadi solusi alternatif untuk dikonsumsi. Sebaiknya ilihlah suplemen penambah stamina yang aman dan alami agar tidak membahayakan kesehatan tubuh.

Nah, itulah ulasan lengkap tentang 12 tips olahraga saat puasa. Lakukanlah dengan santai sehingga tidak memberatkan. Pilihlah jenis olahraga yang ringan dan sesuai kemampuan Anda. Yang terpenting, selalu perhatikan hal-hal di atas sebelum berolahraga di bulan puasa. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat!


Baca Juga:

Kenali Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah, Ada 14

15 Manfaat Kulit Buah Manggis Untuk Kesehatan

Cepat Lelah? Konsumsi Buah Penambah Stamina Ini

0 Comments

Leave a reply