Tubuh Lebih Sehat dengan 4 Pemanis Alami Ini!

Tubuh Lebih Sehat dengan 4 Pemanis Alami Ini!
14 Juli 2017 admin

LHIFORMAG dalam 4 Pemanis Alami Pengganti Gula PasirPemanis Alami Pengganti Gula Pasir – Makanan atau minuman manis disukai banyak orang. Sebut saja kue, roti, jus, teh, kopi, dan yang lainnya. Umumnya, rasa manis yang dirasakan diperoleh dengan menambahkan gula pasir. Bahkan, tak sedikit yang menggunakan pemanis buatan untuk mendapatkan rasa manis yang pas dan tentunya murah.

Namun, makanan atau minuman manis tersebut bisa menjadi suatu masalah. Mengonsumsi makanan atau minuman manis yang berlebihan dapat menyebabkan seseorang beresiko terkena diabetes. Permasalahan lain seperti obesitas juga bisa disebabkan karena mengonsumsi makanan atau minuman manis berlebihan. Hal ini tentu membuat dilema, terutama bagi orang yang gemar mengonsumsi makanan atau minuman manis.

Maka dari itu, pemakaian gula pasir dan pemanis buatan dalam setiap kudapan tidak boleh berlebihan. Gunakan secukupnya dan konsumsi seperlunya saja. Dengan begitu, resiko-resiko gangguan kesehatan seperti diabetes dan obesitas bisa dihindari.

Sebenarnya semua orang tetap bisa merasakan makanan dan minuman manis tanpa perlu cemas akan kesehatan tubuhnya. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mengganti pemakaian gula pasir atau pemanis buatan dengan pemanis alami. Pemanis alami terbukti lebih sehat dan aman bagi tubuh. Tak hanya itu, pemanis alami pun dapat melindungi gigi dari kerusakan, mengontrol berat badan, dan tidak merugikan kesehatan tubuh.

Lantas, apa saja pemanis alami pengganti gula pasir atau pemanis buatan tersebut? Penasaran? Berikut ini beberapa alternatif pemanis alami pengganti gula pasir atau pemanis buatan, antara lain:

  • Madu

My Madu Lengkeng dalam 4 Pemanis Alami Pengganti Gula PasirPemanis alami yang pertama adalah madu. Semua orang tentu sudah mengetahui bahwa madu memiliki rasa yang manis alami. Madu termasuk pengganti gula pasir yang sehat. Madu merupakan larutan yang mengandung monosakarida yang banyak terdapat dalam buah. Oleh karena itu, madu sering juga disebut sebagai gula buah.

Madu mengandung kalori yang rendah dan kaya akan nutrisi. Madu yang lebih baik digunakan adalah madu alami yang belum diproses dan diberi campuran apapun. Selain dikonsumsi langsung, madu pun bisa dijadikan pengganti gula untuk teh, kue, jus, dan sebagainya. Namun, gunakan secukupnya saja, ya!

  • Gula Kelapa

Gula kelapa juga bisa menjadi alternatif pengganti gula pasir atau pemanis buatan. Sama dengan gula pasir, gula kelapa juga mengandung disakarida sukrosa atau sakarosa yang memberikan rasa manis. Selain itu, gula kelapa mempunyai kandungan kalsium, fosfor, dan zat besi yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan gula pasir. Nutrisi lain yang terkandung dalam gula kelapa yaitu seng, zat besi, dan inulin. Gula kelapa sangat baik untuk memperbaiki dan memperlancar sistem pencernaan.

  • Gula Aren

My Aren dalam 4 Pemanis Alami Pengganti Gula PasirPemanis alami selanjutnya adalah gula aren. Gula aren mengandung karbohidrat yang disebut sukrosa. Apabila dikonsumsi, sukrosa tersebut akan diubah menjadi glukosa dan fruktosa. Jika dibandingkan dengan gula pasir atau pemanis buatan, gula aren tentunya lebih sehat. Selain itu, rasa manis gula aren juga tak kalah nikmat dengan gula pasir. Keunggulan gula aren yang lain adalah aroma khasnya yang tidak dimiliki gula pasir atau pemanis buatan lain. Gula aren bisa digunakan sebagai gula diet alami. Cobalah untuk menambahkan gula aren secukupnya sebagai campuran jus, cake, dan aneka hidangan lainnya.

  • Sari Buah

Mengurangi konsumsi gula dengan buah segar pun bisa dilakukan. Sari buah tertentu tidak akan merubah rasa asli makanan, namun hanya memberikan rasa manis saja. Penggunaan sari buah sebagai pengganti gula pasir juga sangat bagus untuk membantu program diet. Gunakanlah apel, beri, jagung, atau anggur untuk diambil sarinya sebagai pengganti gula pasir. Caranya, kupas kulit dan buang bijinya. Lalu lunakkan daging buahnya menggunakan blender, dan kemudian saring. Sari buah tersebut bisa dicampurkan ke dalam makanan atau minuman sebagai pengganti gula. Sari buah tersebut bisa digunakan berkali-kali selama ia disimpan di lemari pendingin dan terjaga kebersihannya. Namun jika terasa kurang manis, panaskan kembali sari buah tersebut hingga menjadi lebih pekat nan kental.

Nah, itulah beberapa pemanis alami pengganti gula pasir atau pemanis buatan lainnya. Pemanis alami di atas tentunya lebih sehat dan alami. Namun, yang harus diingat adalah gunakan pemanis alami di atas secukupnya dan konsumsi seperlunya saja. Dengan begitu, kesehatan tubuh akan selalu terjaga. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

SALAM SEHAT!!


Artikel lainnya:

8 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Selalu Sehat

Mengenal Produk Lebah dan Manfaatnya Bagi Manusia

Kenali Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Q-Slim dalam 4 Pemanis Alami Pengganti Gula Pasir

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*