8 Penyebab Air Mani Encer dan Cara Mengatasinya

8 Penyebab Air Mani Encer dan Cara Mengatasinya
11 Agustus 2017 admin

Penyebab Air Mani Encer dan Cara Mengatasinya – Tanda pria mencapai klimaks adalah ejakulasi dan mengeluarkan air mani dari penisnya. Keluarnya air mani tersebut membuat pria merasakan kenikmatan yang luar biasa. Semua stres dan beban pikiran seakan hilang. Ia menjadi terpuaskan dan merasakan kebahagiaan.

Sekitar 30 menit setelah ejakulasi, air mani biasanya akan mengalami pembekuan. Pembekuan tersebut tampak sebagai campuran antara cairan jernih dan putih susu yang memiliki tekstur lengket dan kental. Cairan putih yang lengket tersebut menunjukkan adanya sel-sel sperma dalam air mani yang dapat membuahi sel telur wanita.

Namun dalam beberapa kasus, pria mengeluarkan air mani encer dan berwarna jernih saat ejakulasi. Kondisi tersebut tentunya jauh berbeda dengan kondisi air mani yang normal pada umumnya, yaitu kental dan berwarna putih. Hal ini membuatnya merasa khawatir dengan kondisi yang dialaminya. Apalagi air mani encer tersebut kemungkinan menunjukkan bahwa kondisi sperma sedang tidak sehat dan tidak mampu membuahi sel telur pasangan. Kondisi tersebut tentu dapat menghambat keinginan pasangan untuk memiliki keturunan.

Lantas, apakah Anda termasuk pria yang mengalami gangguan air mani encer saat ejakulasi? Informasi berikut ini akan menjelaskan tentang penyebab air mani encer yang Anda dan pria-pria lain alami.

Penyebab Air Mani Encer Pada Pria

Penyebab Air Mani Encer dan Cara Mengatasinya (2)Berikut ini beberapa hal yang mennjadi penyebab air mani encer, antara lain:

1. Terlalu sering ejakulasi

Penyebab air mani encer yang pertama adalah karena intensitas ejakulasi yang terlalu sering. Terlalu sering ejakulasi dalam satu kali aktivitas seksual merupakan penyebab air mani encer yang paling umum. Apabila Anda sering masturbasi atau onani, maka akan berpengaruh pada kondisi air mani Anda yang tidak cukup kental.

2. Faktor usia

Penyebab air mani encer yang kedua yakni usia. Usia ternyata juga bisa memengaruhi jumlah, kualitas, dan kondisi sperma. Tubuh seorang pria memang akan selalu memproduksi sperma. Namun seiring dengan bertambahnya usia, produksi dan struktur sperma akan mengalami penurunan. Pria dengan usia 40 tahun ke atas beresiko mengalami gangguan air mani encer saat ejakulasi.

3. Kadar sperma di bawah normal

Penyebab air mani encer bisa berasal dari jumlah sperma dalam air mani tersebut. Kondisi ini disebut dengan ogliospermia. Kondisi ini mengacu pada jumlah sperma dalam air mani di bawah 15 juta sel per mililiter. Ogliospermia tersebut menyebabkan air mani menjadi encer dan bening.

4. Ejakulasi di dalam

Penyebab Air Mani Encer dan Cara Mengatasinya - Ejakulasi Retrograde

Ejakulasi retrograde menjadi salah satu penyebab air mani encer yang dialami pria.

Ejakulasi di dalam menjadi penyebab air mani encer berikutnya. Kondisi ini biasa disebut dengan ejakulasi retrogade. Ejakulasi retrogade juga menjadi salah satu penyebab ketidaksuburan pada pria. Jika Anda mengalami ejakulasi retrogade, air mani yang keluar akan sangat sedikit, atau bahkan tidak keluar sama sekali.

5. Kekurangan fruktosa

Kekurangan asupan fruktosa bisa menjadi penyebab air mani encer. Kekurangan fruktosa bisa terjadi akibat buruknya kebiasaan makan sehari-hari atau karena terlalu keras dalam berolahraga. Kekurangan fruktosa dapat menyebabkan air mani menjadi terlalu cair dan berwarna jernih. Untuk mencukupi kebutuhan fruktosa dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran secara teratur dengan jumlah yang lebih banyak.

6. Obesitas (kegemukan)

Penyebab air mani encer berikutnya bisa berasal dari kondisi tubuh pria. Pria yang mengalami obesitas terbukti memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit dibanding pria dengan berat badan ideal. Jumlah sperma yang sedikit tersebut menyebabkan air mani menjadi encer dan bening.

[Baca lebih lanjut] Obesitas (Kegemukan): Penyebab dan Penanganannya

7. Berat badan terlalu kurus

Tubuh yang kurus bisa menjadi penyebab air mani encer. Jangan anggap bahwa pria yang memiliki berat badan berlebih saja yang beresiko mengalami air mani encer. Pria dengan berat badan kurus pun juga beresiko mengalami masalah sperma encer. Tubuh yang terlalu kurus kurang baik untuk perkembangan sperma. Untuk mengatasinya, pria harus memiliki berat badan ideal agar kualitas air maninya tidak terganggu.

8. Gaya hidup yang tidak sehat

Penyebab air mani encer yang terakhir ialah gaya hidup yang tidak sehat. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa gaya hidup ternyata dapat memengaruhi jumlah, kualitas, dan kondisi sperma. Gaya hidup tidak sehat seperti mengonsumsi makanan tidak sehat, merokok, minum alkohol, seks bebas, penggunaan obat-obatan terlarang, dan kurang olahraga dapat membuat jumlah dan kualitas sperma menjadi menurun.

Itulah beberapa penyebab air mani encer yang telah kami himpun untuk Anda. Tentunya Anda terganggu dan merasa khawatir dengan air mani encer tersebut, bukan? Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Penasaran? Mari simak ulasan berikut ini!

Cara Mengatasi Air Mani Encer

Setelah membahas tentang penyebab air mani encer, tentu harus ada pembahasan mengenai cara mengatasinya. Untuk mengatasi air mani encer dan agar air mani kembali kental, berikut ini anjuran yang kami sarankan untuk Anda, yaitu:

  • Jaga berat badan tetap ideal.
  • Terapkan pola makan rendah lemak dan tinggi protein.
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, terutama yang mengandung fruktosa, vitamin C, dan zinc.
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh (sekitar 2 liter atau 8 gelas).
  • Hindari stres.
  • Hindari merokok atau paparan asap rokok.
  • Hindari paparan bahan kimia berbahaya.
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol.
  • Istirahat yang cukup (7-8 jam per hari).
  • Hindari penggunaan celana dalam dan celana yang terlalu ketat.
  • Kurangi kebiasaan melakukan onani.
  • Aturlah jadwal bercinta dengan istri (2 atau 3 hari sekali).
  • Lakukan diet untuk kesuburan.
  • Lakukan olahraga teratur.
  • Konsumsi obat herbal kesehatan sperma (sebaiknya pilih yang telah terbukti aman BPOM).

Demikianlah ulasan mengenai penyebab air mani encer dan cara mengatasinya. Semakin menambah wawasan Anda, bukan? Mulai sekarang, Anda harus menerapkan pola hidup sehat agar gangguan air mani encer yang Anda alami segera teratasi.

Semoga bermanfaat!


– Presented By –

Penyebab Air Mani Encer dan Cara Mengatasinya - SCount

Obat Kesehatan Sperma SCOUNT sangat efektif untuk mengatasi air mani encer.


[Artikel lainnya:]

Faktor Penyebab Sperma Sedikit Saat Ejakulasi

Penelitian, 15 Cara Alami Memperbanyak Sperma

Cepat Lelah? Konsumsi Buah Penambah Stamina Ini

8 Mitos Tentang Sperma Pria. Sudah Tahukah Anda?

10 Manfaat Air Mani Pria yang Wanita Harus Tahu

Ketahui 9 Titik Rangsang Pada Wanita Ini

0 Comments

Leave a reply