8 Ramuan Herbal Tradisional Penambah Nafsu Makan

8 Ramuan Herbal Tradisional Penambah Nafsu Makan
12 Juli 2017 admin

LHIFORMAG dalam 8 Ramuan Herbal Tradisional Penambah Nafsu Makan

Ramuan Herbal Tradisional Penambah Nafsu Makan – Memiliki berat badan ideal merupakan keinginan setiap orang. Jika awalnya gemuk, mereka akan melakukan diet untuk mendapatkan berat badan ideal. Namun jika kurus atau cungkring, apa yang harus dilakukan agar memiliki berat badan ideal? Ya, tentunya dengan mengonsumsi makanan yang sehat dengan porsi yang lebih banyak.

Masalah tak berhenti sampai di situ saja. Banyak orang yang enggan mengonsumsi makanan tertentu karena kurang selera. Tak sedikit pula orang yang memiliki nafsu makan rendah sehingga makan hanya sedikit saja. Padahal salah satu asupan utama untuk mendapatkan berat badan ideal adalah melalui makanan. Jika makanan yang dikonsumsi lebih banyak dan bergizi, tentu akan mudah mendapatkan berat badan yang ideal.

[Baca selengkapnya] Menghitung Berat Badan Ideal (Kalkulator BMI)

Kurangnya nafsu makan sehingga makan hanya sedikit bisa menyebabkan kurang gizi, tidak berstamina, bahkan penyakit maag. Oleh karena itu, harus ada penanganan yang tepat agar nafsu makan bisa meningkat. Ada banyak cara menambah nafsu makan yang bisa dilakukan. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi ramuan herbal tradisional yang dibuat dari bahan-bahan herbal pilihan. Bahan-bahan herbal yang biasanya digunakan untuk menambah selera makan adalah tanaman obat yang rasanya pahit.

Tanaman obat penambah nafsu makan mengandung vitamin dan mineral. Kandungan tersebut dapat membantu memperbaiki kondisi defisiensi vitamin pada seseorang yang mengalami gangguan metabolisme. Lantas, apa saja ramuan herbal untuk menambah nafsu makan tersebut? Berikut ini beberapa ramuan herbal tradisional penambah nafsu makan, antara lain:

Ramuan 1 – Daun Brotowali

Bahan: 3 helai daun brotowali, 2 jari batang brotowali yang sudah dipotong kecil-kecil, dan 2 gelas air.

Cara Membuat: Cucilah daun dan batang brotowali sampai bersih. Lalu masukkan ke dalam wadah (lebih baik dari tanah liat). Kemudian masukkan 2 gelas air, lalu rebus dalam keadaan tertutup sampai tinggal setengahnya. Jika sudah dingin, saring air rebusan daun brotowali tersebut. Minum sekali sehari satu gelas. Lakukan selama beberapa hari secara teratur.

Ramuan 2 – Daun Pegagan

Kapsul Pegagan dalam 8 Ramuan Herbal Tradisional Penambah Nafsu MakanBahan: 1 genggam daun pegagan dan 2 gelas air.

Cara Membuat: Cuci bersih daun pegagan, kemudian masukkan ke dalam wadah yang telah diisi air. Rebus dalam keadaan tertutup hingga mendidih. Setelah dingin, saring. Minum 1 gelas air saringan daun pegagan tersebut setiap hari. Selain direbus, daun pegagan segar juga bisa dikunyah. Caranya, ambillah sebanyak 15-30 gr daun pegagan segar. Kunyah sampai lembut sebelum ditelan.

[Baca juga] Daun Sirih : Jenis dan Manfaat

Ramuan 3 – Lengkuas

Bahan: 3 jari rimpang lengkuas dan 50 ml air matang.

Cara Membuat: Cuci lengkuas sampai bersih, lalu parut. Tambahkan air, kemudian peras. Minum air perasan lengkuas tersebut 3 kali sehari sebanyak satu sendok makan. Disarankan untuk meminum air perasan tersebut sebelum makan.

Ramuan 4 – Daun Pepaya

Bahan: 1 helai daun pepaya, setengah gelas air matang, dan garam dapur secukupnya.

Cara Membuat: Cuci bersih daun pepaya, kemudian lumatkan. Tambahkan air dan garam. Setelah itu, peraslah sampai keluar airnya. Minum air perasan daun pepaya tersebut sekaligus. Lebih baik diminum pada pagi hari, dan meramunya juga pagi hari (langsung diminum).

Ramuan 5 – Jahe

Bahan: 1 ruas jahe, 1 gelas air panas, dan 1 sendok makan madu.

Cara Membuat: Cuci bersih jahe, kemudian keprek atau tumbuk. Masukkan ke dalam cangkir, kemudian seduh dengan air panas. Diamkan beberapa menit hingga hangat, lalu tambahkan madu. Aduk hingga merata. Minum ramuan ini satu kali sehari secara rutin.

Ramuan 6 – Temulawak

Kapsul Temulawak dalam 8 Ramuan Herbal Tradisional Penambah Nafsu MakanBahan: 2 jari rimpang temulawak, 2 jari rimpang lengkuas, setengah genggam daun meniran, dan 2 gelas air.

Cara Membuat: Cuci bersih semua bahan, lalu potong kecil-kecil dan masukkan ke dalam wadah. Tambahkan air dan rebuslah hingga mendidih. Setelah dingin, saring air rebusan temulawak tersebut. Minum 2 kali sehari setengah gelas. Lakukan secara teratur selama beberapa hari.

[Tak Boleh Dilewatkan] 15 Manfaat Kulit Buah Manggis Untuk Kesehatan

Ramuan 7 – Daun Pandan Wangi

Bahan: 5 lembar daun pandang wangi dan 3 gelas air.

Cara Membuat: Cucilah daun pandan wangi sampai bersih, lalu potong kecil-kecil. Masukkan ke dalam wadah dan tambahkan 3 gelas air. Kemudian rebus sampai mendidih. Setelah dingin, saring lalu minumlah 2 kali sehari. Sekali minum 1 gelas. Lakukan beberapa hari secara teratur.

Ramuan 8 – Beras Kencur

Bahan: Bubuk beras, bubuk kencur, jahe, asem jawa, dan 2-4 gelas air.

Cara Membuat: Rebus bubuk beras, bubuk kencur, jahe, dan asem jawa dengan air sampai mendidih. Setelah mendidih, biarkan hangat kemudian saring. Minumlah 1 gelas setiap hari secara teratur.

Nah, itulah beberapa ramuan herbal tradisional penambah nafsu makan yang sederhana dan mudah dibuat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua. Selamat mencoba, dan SALAM SEHAT!!


Advertisement

Q SLIM dalam 8 Ramuan Herbal Tradisional Penambah Nafsu Makan

DUREVEL dalam 8 Ramuan Herbal Tradisional Penambah Nafsu Makan

0 Comments

Leave a reply