9 Hal yang Dilarang pada Saat Menstruasi

9 Hal yang Dilarang pada Saat Menstruasi
14 Juni 2017 admin
Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Menstruasi

Hal yang Dilarang Pada Saat Menstruasi – Salah satu tanda kesuburan wanita adalah terjadinya siklus menstruasi. Tak hanya menandakan bahwa wanita subur, namun siklus menstruasi juga mampu menunjukkan seberapa tinggi tingkat kesuburan wanita. Wanita yang tidak mengalami menstruasi dipastikan tidak akan bisa mempunyai anak. Mengapa? Karena sudah terbukti bahwa tidak ada sel telur yang diproduksi.

Menstruasi sendiri merupakan meluruhnya sel telur yang tidak dibuahi oleh sel sperma. Jika seorang wanita mengalami menstruasi setiap bulan, berarti wanita tersebut mempunyai tingkat kesuburan yang normal. Alasannya karena wanita tersebut mampu memproduksi sel telur setiap bulan. Namun sebaliknya, jika seorang wanita mengalami siklus menstruasi hanya 3 atau 4 bulan sekali, berarti wanita tersebut kurang subur.

Lihat Juga: SCOUNT, Obat Herbal Penyubur Sperma Pria Terdaftar BPOM

Siklus menstrusi setiap wanita berbeda, ada yang lancar dan ada yang tidak lancar. Ketidaklancaran menstruasi dapat disebabkan oleh banyak hal. Biasanya wanita yang siklus menstruasinya tidak lancar adalah wanita dengan status sebagai istri yang menjalankan program Keluarga Berencana (KB). Pil KB, suntik KB, implan, dan sebagainya merupakan alternatif keluarga berencana yang dapat menyebabkan tidak lancarnya siklus menstruasi.

Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pada saat menstruasi. Beberapa hal tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak hanya membuat siklus menstruasi menjadi tidak lancar, namun juga berbahaya bagi kesehatan. Berikut 9 hal yang dilarang pada saat menstruasi. Yuk, simak!

9 Hal yang Dilarang Pada Saat Menstruasi

1. Melakukan keramas pada saat menstruasi

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Menstruasi - Keramas

Mungkin semua wanita sudah tahu kalau keramas memang tidak boleh dilakukan pada saat menstruasi. Bahkan, para tokoh agama juga ada yang melarangnya. Ternyata larangan tersebut bukanlah tanpa sebab. Karena melakukan keramas pada saat menstruasi memang benar benar berbahaya.

Pori pori kepala akan terbuka pada saat wanita menstruasi. Jika wanita melakukan keramas pada kepala yang pori porinya terbuka, maka dapat menyebabkan sakit kepala (angin kepala). Jika hal ini terus dilakukan, maka sakit kepala yang dirasakan juga akan sulit hilang.

2. Mengonsumsi minuman berkafein pada saat menstruasi

Mengonsumsi minuman berkafein merupakan hal yang tidak boleh dilakukan pada saat menstruasi. Hal ini disebabkan karena kafein akan menyebabkan perut kembung. Selain menyebabkan perut menjadi kembung, kafein juga dapat menyebabkan asam lemak bertambah sehingga akan melukai perut yang sensitif. Apalagi pada wanita yang sering mengalami rasa sakit dan nyeri perut pada saat menstruasi.

Pada intinya, sering mengonsumsi minuman berkafein pada saat menstruasi akan menyebabkan rasa sakit dan nyeri menjadi semakin parah dan menjadi jadi. Contoh minuman atau makanan yang berkafein adalah kopi, teh, cokelat, dan yang lainnya.

3. Melakukan olahraga berat pada saat menstruasi

Melakukan olahraga berat juga merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilakukan pada saat menstruasi. Sebaiknya lakukanlah olahraga yang ringan ringan saja pada saat menstruasi. Alasannya, melakukan olahraga berat pada saat menstruasi dapat menyebabkan pendarahan hebat. Melakukan olahraga berat pada saat menstruasi juga dapat membuat badan menjadi lemas dan pusing kepala.

4. Mengganti pembalut terlalu lama

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Menstruasi - Pembalut

Terkadang ada wanita yang malas mengganti pembalutnya. Padahal anjuran yang sebaiknya dilakukan adalah mengganti pembalut setiap 2-5 jam. Lebih parahnya lagi, malah ada wanita yang tidak mau mengganti pembalut walaupun darah mens sudah menumpuk memenuhi pembalut. Tentunya hal itu akan membuat kuman dan bakteri menumpuk.

Kuman dan bakteri tersebut akan berpindah ke vagina sehingga menyebabkan iritasi. Akibatnya wanita akan rentan mengalami keputihan. Keputihan yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kemandulan.

5. Melakukan hubungan seks pada saat menstruasi

Larangan ini dikhususkan bagi wanita yang sudah bersuami. Larangan ini memang sudah banyak yang mengetahuinya. Namun, tetap ada yang melanggarnya. Melakukan hubungan seks pada saat menstruasi akan menyebabkan kelembapan vagina meningkat. Hal itu membuat jamur dan bakteri akan bertambah sehingga dapat menyebabkan infeksi. Selain itu, kuman dan infeksi juga dapat menular pada pasangan (suami).

Lihat Juga: STONOF, Obat Herbal Untuk Mengobati Infeksi Saluran Kemih

6. Perut terbentur pada saat menstruasi

Jagalah bagian tubuhmu pada saat menstruasi, termasuk perut. Jangan sampai terbentur atau kena pukulan benda keras. Karena hal tersebut akan menyebabkan muntah darah dan rahim menjadi terluka. Perut yang terbentur terlalu keras juga dapat menyebabkan pendarahan hebat.

7. Berenang pada saat menstruasi

Berenang merupakan salah satu hal yang dilarang pada saat menstruasi. Tidak ada yang bisa menjamin kebersihan air di dalam kolam renang. Jika air yang digunakan untuk berenang adalah air yang kotor dan banyak kuman, maka kuman akan masuk ke dalam pembuluh darah sistem reproduksi sehingga menyebabkan infeksi. Karena pada saat menstruasi, pembuluh darah organ reproduksi sedang terbuka.

8. Mencabut bulu

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Menstruasi - Mencabut Bulu

Pada saat menstruasi, hormon esterogen dan progesteron akan mengalami penurunan sehingga membuat tubuh peka terhadap rasa sakit. Wanita tentu pernah merasakan payudara yang bengkak dan sakit pada saat menstruasi. Nah, itu disebabkan karena hormon esterogen dan progesteron wanita sedang turun.

9. Minum susu pada saat menstruasi

Pasti banyak yang belum tahu kalau minum susu merupakan hal yang dilarang pada saat menstruasi. Susu memang memiliki banyak manfaat, termasuk mengandung kalsium yang dapat menjaga kesehatan tulang. Tetapi, jangan minum susu saat sedang menstruasi.

Minum susu pada saat menstruasi akan menyebabkan perut semakin terasa nyeri dan sakit, bahkan kram. Asam arakidonat yang terdapat pada lemak susu dapat memproduksi prostaglandin. Hal inilah yang dapat menyebabkan kram pada perut.

Nah, itulah 9 hal yang dilarang pada saat menstruasi. Hal ini sangat penting untuk diketahui para wanita. Bagikan ke semua wanita, ya!


Lhifemine, Solusi Terbaik Jaga Kesehatan Vagina Secara Alami

Harga Promo! Rp. 60.000,- (Belum Termasuk Ongkos Kirim)

Lhifemine merupakan suplemen herbal terbuat dari formulasi beberapa tanaman herbal yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan organ reproduksi wanita.

Komposisi Lhifemine antara lain pegagan, daun kemangi, daun sirih, dan kencur. Herbal tersebut sudah lama dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan organ reproduksi wanita.

Lhifemine bermanfaat untuk:

  1. Membantu memelihara kesehatan wanita.
  2. Membantu mencegah dan mengatasi keputihan.
  3. Membantu menghilangkan bau tak sedap pada vagina.
  4. Membantu meningkatkan kesuburan wanita.

Lhifemine dapat diminum 2 kapsul sehari sesudah makan.

Keunggulan Lhifemine:

  1. Diproduksi dari 100% bahan herbal alami.
  2. Diproduksi dengan teknologi modern dan berkualitas tinggi namun tidak menghilangkan khasiat dalam herbalnya.
  3. Diproduksi secara higienis sehingga aman dikonsumsi.
  4. Sudah terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi POM TR093301651.

Cara Cepat Beli Produk Lhifemine

Bila tertarik untuk membeli, silahkan kirim SMS/WA ke 089-538-746-4858 yang berisi nama pembeli, alamat lengkap, serta jumlah produk yang dibutuhkan. Selanjutnya kami akan mengirim total biaya (termasuk ongkos kirim) yang harus ditransfer. Sangat mudah, bukan?

Terima kasih 🙂


Baca Juga:

 

0 Comments

Leave a reply