Belanja Online Dimana? Marketplace apa Toko Online? Kenali Perbedaannya Disini!

Belanja Online Dimana? Marketplace apa Toko Online? Kenali Perbedaannya Disini!
12 Agustus 2017 admin

Bagi anda yang sudah berkecimpung dalam dunia maya baik dalam kehidupan sehari-hari misalnya melakukan transaksi jual beli mungkin marketplace atau toko online sudah tidak asing lagi. Pasalnya, kedua konsep tersebut sangat erat kaitannya dengan transaksi jual beli yang anda lakukan. Namun, terkadang banyak orang mengira bahwa marketplace dan juga toko online merupakan dua hal yang sama. Namun, bagi anda yang paham betul mengenai dunia transaksi maya, maka tentunya anda akan mengetahui bagaimana perbedaan antara marketplace dan juga toko Online.

Jika anda belum paham mengenai kedua hal tersebut, maka berikut ini adalah perbedaan antara Marketplace dan juga Toko Online yang sangat penting untuk anda ketahui.

Belanja Online Dimana? Marketplace apa Toko Online? Kenali Perbedaannya Disini!

Perlu anda ketahui bahwa konsep antara marketplace dan toko online merupakan konsep penjualan online yang berbeda. Perbedaan antara keduanya sangat mendasar terkait dengan hubungan antara konsumen dengan produsen dan juga bagaimana cara kerjanya. Nah, tanpa berlama lagi, kami akan memberikan penjelasan mengenai perbedaan antara keduanya akan kami jelaskan seperti berikut ini!

Konsep Marketplace

market place

Perlu anda ketahui bahwa marketplace merupakan sebuah lokasi jual beli produk dimana seller dan juga konsumen bertemu di suatu tempat. Seller atau penjual akan menjual barangnya di lapak atau tempat yang sudah disediakan oleh e-commerce dengan konsep marketplace. Barang-barang yang dijual di marketplace tersebut kemudian akan diiklankan oleh pihak e-commerce agar mendapatkan konsumen yang potensial. Jadi kesuksesan para pengguna marketplace ini bergantung kepada banyaknya penjual dan pembeli yang bergabung di website e commerce tersebut.

Konsep transaksi jual beli dalam marketplace ini mirip dengan konsep di pasar tradisional, namun dalam hal ini dilakukan di dunia maya. Pasar tradisional akan semakin terkenal jika ia memiliki banyak penjual dan banyak pembeli. Ketika semakin banyak penjual yang ada di pasar, maka akan semakin lengkap produk yang dijual sehingga semakin banyak pembeli yang datang.

Keuntungan yang akan didapatkan dari Marketplace:

  • Tempat berkumpulnya pembeli
  • Banyak pedagang, jadi dapat bertukar informasi
  • Rekening Bersama, jadi aman
  • Promosi Gratis dari Marketplace
  • Banyak produk yang tersedia

Kekurangan dari Marketplace

  • Persaingan Terbuka antar penjual
  • Iklan penjual lain sering masuk
  • Keberlangsungan website menjadi tidak terjamin
  • Rentan Akan Penipuan barang KW

Konsep online shop

Konsep online shop atau konsep dalam toko online merupakan sebuah konsep dimana seorang penjual membuka sebuah toko di dunia maya dan dapat dikendalikan jarak jauh atau secara elektronik dengan menggunakan saluran internet. Toko yang memiliki konsep demikian bisa jadi memiliki official store tapi ada juga yang tidak memilikinya, tergantung pada pemilik online shop itu sendiri ingin memiliki toko online atau tidak. Misalnya saja Beberapa online shop yang terkenal di dunia e-commerce antara lain adalah Berrybenka, Lazada, Bhineka, Zalora dan masih banyak online shop lain yang populer.

Tidak seperti e-commerce dengan konsep marketplace seperti yang telah kami jelaskan diatas, e-commerce dengan konsep online shop ini hanya cukup memiliki 1 orang penjual dan orang tersebut dapat memiliki e-commerce-nya sendiri. Untuk melakukan transaksi jual beli jenis e-commerce dengan konsep online shop, Anda dapat memikirkan mengenai pengiriman barang, proses packaging dan lain sebagainya.

Konsep ini kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena dapat menentukan sendiri keuntungan sesuai yang diinginkan. Apalagi ketika e-commerce ini adalah e-commerce yang sukses dan sudah terkenal. Ketika e-commerce sudah menjadi online shop yang populer maka Anda tidak perlu melakukan persaingan harga sehingga keuntungan yang besar bisa anda dapatkan meski proses jual belinya sedikit lebih ribet daripada e-commerce yang menggunakan konsep marketplace.

Kelebihan Belanja di Toko Online:

  • Pembeli tidak perlu mengunjungi tempat penjualan baik itu toko, butik, mall, dan lain sebagainya. Pembeli cukup klik ke web yang dituju dan memilih barang yang dikehendaki.
  • Pemilihan barang bisa dilakukan dari rumah atau kantor sehingga pembelian bisa dilakukan berjam-jam tanpa harus keluar rumah.
  • Penjual dapat menekan ongkos pembukaan toko karena melalui belanja online, penjual cukup memasarkan produknya melalui Internet.
  • Pemasaran produk bisa mencapai seluruh dunia dengan biaya yang murah.

Kekurangan Belanja di Toko Online:

  • Kualitas barang yang diinginkan kadang-kadang berbeda kualitasnya dengan yang tercantum di website.
  • Rentan aksi penipuan dimana banyak kasus ketika pembeli telah mengirim sejumlah uang yang disepakati, barang yang dibeli tidak dikirim.
  • Marak aksi spamming karena setelah pembeli melakukan registrasi, penjual cenderung selalu mengirimkan katalog online melalui email pembeli dan hal ini cukup mengganggu privasi masing-masing pembeli dan penjual.

Lalu, Bagaimana dengan Pilihan Tepat Anda? Pilih Belanja Markerplace atau Toko Online?

Dahulu seseorang mungkin terkendala kualitas jangkauan yang dimiliki untuk mulai menjelajahi dunia maya. Namun sekarang ini, melakukan komunikasi melalui dunia maya seolah menjadi kebutuhan. Dengan canggihnya zaman, banyak sekali yang memanfaatkan kecanggihan tekhnologi untuk mempermudah keinginannya, termasuk dalam hal bisnis.

Oleh karena itu, ini menjadi ladang bisnis bagi para pengusaha untuk mencari keuntungan. Sehingga banyak sekali dari mereka yang mengambil keuntungan seenaknya sendiri. Banyak sekali produk yang dipalsukan di merketplace yang sangat tidak baik untuk penjual maupun pembeli.

Oleh karena itu, jadilah pembeli yang bijak, ketika anda berjumpa dengan barang yang dijual di marketplace jauh dengan harga yang sebenarnya, maka hal tersebut wajib diwaspadai. Jangan terlalu tergiur kepada harga yang ditawarkan oleh penjual di marketplace.

Sedangan ketika anda berbelanja di toko online, maka anda akan mendapatkan pilihan barang yang benar-benar berkualitas, namun tentunya tetap berhati-hati. Kalian juga harus memilih toko online yang memiliki reputasi bagus dan terpecaya dengan barang yang berkualitas, hal tersebut menjadikan anda lebih puas dibandingkan berbelanja di Marketplace.

Namun, tentu berbelanja di Marketplace atau di Toko Online mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keputusan ada di tangan anda, pilih belanja Marketplace atau Toko Online ada ditangan anda. Dan tentunya jadilah konsumen yang bijak dalam memutuskan.

Selamat Memilih!!!

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*