Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah, Ada 14

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah, Ada 14
16 Juni 2017 admin

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah – Bibir merupakan salah satu bagian wajah yang menjadi daya tarik seseorang. Bibir yang indah dan lembab tentu akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang saat berbicara. Lawan bicara juga tidak ‘terganggu’ dengan kondisi bibir yang indah dan lembab tersebut. Namun sebaliknya, seseorang dengan bibir kering dan pecah sudah pasti membuat dirinya dan lawan bicara menjadi tak nyaman.

Bibir kering dan pecah-pecah merupakan masalah umum yang dialami banyak orang. Bibir menjadi terlihat tidak menarik. Gejalanya meliputi bibir terlihat kering, pecah-pecah, kemerahan, mengelupas, terdapat luka, bengkak, bersisik, dan mengalami pendarahan.

Umumnya, bibir kering dan pecah disebabkan oleh paparan sinar matahari, terutama saat musim kemarau. Rendahnya kelembaban udara suatu ruangan juga bisa menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Faktor lain yang bisa membuat bibir menjadi kering yaitu kekurangan vitamin, alergi, dehidrasi, merokok, dan terlalu sering menjilat bibir.

Jika sudah terlanjur mengalami masalah bibir kering dan pecah-pecah, apa yang harus Anda lakukan? Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi bibir kering dan pecah yang telah kami rangkum untuk Anda.

1. Minum air yang cukup

Salah satu penyebab bibir kering dan pecah adalah dehidrasi. Mencukupi kebutuhan air minum menjadi cara efektif untuk mengatasi bibir kering dan pecah. Minumlah setidaknya 8 gelas air per hari. Tak hanya untuk melembabkan bibir, air minum juga dapat mengeluarkan racun dari tubuh, serta mampu membuat kulit menjadi lebih kencang dan bercahaya.

2. Kurangi kebiasaan menjilat bibir

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah - Kurangi Kebiasaan Menjilat BibirMeski kadang bermaksud untuk membasahi bibir yang kering, namun ternyata menjilat bibir justru memperburuk kondisinya. Air liur cepat menguap sehingga menyebabkan bibir menjadi lebih kering daripada sebelum dijilat.

3. Hindari pemicu alergi

Sebagian orang rentan alergi terhadap produk parfum, kosmetik, pewarna, atau produk perawatan kulit dan tubuh lainnya. Jadi, sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan bahan-bahan yang bisa memicu alergi tersebut.

4. Bernapas melalui hidung

Sebagian orang gemar bernapas melalui mulut. Mungkin karena merasa lebih lega dan puas. Namun, bernapas melalui mulut justru dapat memperburuk kondisi bibir menjadi lebih kering dan pecah-pecah. Jadi, sebaiknya hindari bernapas melalui mulut.

5. Batasi mengonsumsi makanan pedas dan asam

Ketika bibir Anda kering dan pecah, sebaiknya batasi mengonsumsi makanan pedas dan asam. Mengapa demikian? Karena makanan yang memiliki rasa pedas dan asam berlebih dapat menyebabkan iritasi pada bibir dan memperburuk kondisi bibir kering.

6. Hindari pemakaian obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat mungkin menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Jenis obat-obatan tersebut antara lain obat antidepresan, obat alergi, obat penghilang nyeri, obat jerawat, dan obat masalah pernapasan. Jadi, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter Anda ketika hendak mengonsumsi jenis obat-obatan tersebut.

7. Oleskan madu pada bibir

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah dengan madu asli multifloraAnda bisa menggunakan madu untuk mengatasi bibir kering dan pecah. Mengapa demikian? Karena madu merupakan pelembab alami yang juga memiliki sifat antibakteri, sehingga efektif untuk mengatasi bibir kering. Oleskan madu pada bibir secara rutin agar bibir menjadi lembab.

8. Penuhi kebutuhan nutrisi

Kekurangan vitamin C, zat besi, atau asam lemak esensial dapat membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Konsumsilan makanan yang mengandung zat-zat tersebut. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen multivitamin yang diresepkan dokter untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

9. Hindari kebiasaan menggigit bibir

Menggigit bibir dapat menyebabkan trauma yang dapat merusak lapisan pelindung bibir. Akibatnya, bibir akan mudah keirng dan pecah-pecah.

10. Oleskan minyak kelapa pada bibir

Asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa mampu mengatasi bibir kering dan melembabkannya. Minyak kelapa juga dapat membuat bibir menjadi lebih cerah.

11. Gunakan air mawar

Air mawar dan kelopaknya bisa digunakan untuk menjaga kelembaban bibir dan membuatnya menjadi lebih berkilau. Tentunya dengan penggunaan yang teratur. Petik segenggam kelopak bunga mawar dan rendam di dalam susu atau gliserin. Tunggu beberapa saat, lalu haluskan kelopak mawar yang telah direndam tersebut. Setelah itu, usapkan ke bibir secara merata. Lakukan setiap sebelum tidur malam.

12. Oleskan minyak jarak pada bibir

Minyak jarak merupakan salah satu perawatan terbaik untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Cukup oleskan saja minyak jarak ke bibir 1-2 kali sehari.

13. Gunakan lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya digunakan untuk perawatan rambut, tetapi juga untuk mengatasi bibir kering. Ambil gel atau lendir lidah buaya, lalu oleskan ke bibir. Tak hanya untuk melembabkan bibir, lidah buaya juga mampu menyejukkan dan mengurangi rasa sakit akibat luka pada bibir kering.

14. Gunakan pelembab bibir (lips balm)

cara mengatasi bibir kering dan pecah dengan purbasari lip balmSalah satu cara untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah dengan memakai lips balm. Pemakaian lips balm terbukti efektif untuk mencegah dan mengatasi bibir kering. Pemakaian lips balm juga sangat mudah dan praktis. Pilihlah lips balm yang aman dan bebas dari zat-zat berbahaya agar tidak membahayakan kesehatan bibir Anda.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi bibir kering dan pecah yang telah kami ulas untuk Anda. Namun, jika cara-cara di atas belum mampu mengatasi bibir kering Anda, segeralah memeriksakan bibir Anda ke dokter. Dokter akan memberikan penanganan yang tepat untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang Anda alami.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!


[Baca Juga:]

9 Penyebab Payudara Kecil dan Cara Mengatasinya

12 Cara Membentuk Tubuh Ideal. Wow, Bikin Takjub!

Ini 7 Alasan Wanita Ingin Memiliki Tubuh Langsing

Yuk, Intip Bagaimana Cara Agar Cepat Hamil Ini!

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*