Cara Menggunakan Alat Tes Kehamilan (Test Pack)

Cara Menggunakan Alat Tes Kehamilan (Test Pack)
20 September 2017 admin

Cara Menggunakan Alat Tes Kehamilan (Test Pack) – Apa yang akan seorang istri lakukan jika sering mual dan terlambat menstruasi? Wah, sepertinya itu adalah kabar yang membahagiakan. Mengapa demikian? Karena kondisi tersebut mirip dengan tanda awal kehamilan seorang wanita.

Pada dasarnya, tanda awal kehamilan seorang wanita bermacam-macam. Mulai dari perubahan bentuk tubuh, perubahan suasana hati atau mood, dan yang lainnya. Termasuk mengalami mual dan terlambat menstruasi. Namun, untuk memastikan kehamilan tersebut perlu dilakukan tes. Umumnya wanita akan melakukan tes dengan menggunakan test pack atau alat tes kehamilan yang bisa diperoleh dari dokter atau apotek.

Test pack atau alat tes kehamilan bekerja dengan mendeteksi adanya hormon hCG (human chorionic gonadotropin) di dalam urin seorang wanita. Hormon hCG yang juga dikenal sebagai hormon kehamilan merupakan hormon yang hanya ditemukan pada wanita hamil. Jadi, keakuratan test pack atau alat tes kehamilan bisa dipertanggungjawabkan.

Tips Membeli Alat Tes Kehamilan (Test Pack)

Sebelum mengetahui bagaimana cara menggunakan alat tes kehamilan (test pack) yang tepat, ada baiknya perhatikan dahulu tips-tips berikut ini. Tips-tips berikut ini mengulas bagaimana tips membeli test pack yang berkualitas. Yuk, simak!

  • Sensitif

cara menggunakan alat tes kehamilan (test pack) SENSITIFBelilah alat tes kehamilan yang memiliki sensitivitas tinggi agar hasilnya semakin akurat. Semakin sedikit kadar hCG yang bisa dideteksi pertanda bahwa alat tes kehamilan tersebut semakin sensitif dan akurat. Umumnya, test pack yang dijual di pasaran mampu mendeteksi kadar hCG dalam urin sampai dengan 25 mlµ/ml. Namun, ada pula test pack yang mampu mendeteksi kadar hCG pada 10 mlµ/ml.

  • Aman

Cermati, apakah alat tes kehamilan (test pack) tersebut terdaftar di lembaga resmi pemerintah yang khusus mengawasi produk-produk untuk konsumen atau tidak. Kemudian, cermati pula tanggal kedaluwarsanya demi menjaga keamanan dan keefektifan saat menggunakan test pack tersebut. Perhatikan pula cara penyimpanannya. Alat tes kehamilan ini harus disimpan di suhu ruangan sekitar 26°C. Suhu yang tinggi atau malah terlalu rendah akan memengaruhi bahan aktif yang terdapat dalam test pack sehingga dapat memengaruhi keakuratan hasil tes.

Cara Menggunakan Alat Tes Kehamilan (Test Pack)

Banyak wanita yang tidak tahu bagaimana cara menggunakan alat tes kehamilan, terutama wanita yang baru menikah. Jika Anda termasuk wanita tersebut, berikut ini langkah-langkah bagaimana cara menggunakan alat tes kehamilan (test pack) yang tepat.

  1. Baca petunjuk penggunaan. Walaupun sebagian besar alat tes kehamilan terlihat sama, namun mengikuti petunjuk dalam kemasan sangat penting dilakukan agar aman, efektif, dan akurat.
    Cara menggunakan alat tes kehamilan (test pack)

    Baca petunjuk pemakaian produk test pack yang Anda beli.

  2. Persiapkan diri Anda. Cuci tangan Anda dengan air dan sabun, kemudian ambil stik test pack tersebut dengan hati-hati.
  3. Duduk di toilet, kemudian keluarkan urin Anda ke dalam wadah penampung. Cairan urin yang bagus sebagai bahan uji kehamilan adalah yang dikeluarkan di tengah-tengah. Jadi, keluarkan dahulu sedikit urin Anda. Kemudian keluarkan lagi sisanya dan tampung ke dalam wadah penampung. Urin tersebutlah yang bagus digunakan untuk uji kehamilan.
    cara menggunakan alat tes kehamilan (test pack)

    Lakukan dengan benar sesuai dengan petunjuk pemakaian.

  4. Celupkan stik test pack ke dalam wadah penampung yang telah berisi urin tersebut. Tunggu selama 5-10 detik, atau sesuai petunjuk yang tertera dalam kemasan. Metode lain yaitu dengan meneteskan urin ke stik test pack tersebut. Jika menggunakan metode tetes, maka Anda harus mempersiapkan penetes agar memudahkan dalam meletakkan sedikit urin pada stik test pack.
  5. Kemudian angkat stik test pack tersebut. Tunggu sesuai waktu yang disarankan. Durasi waktu tunggu yang diperlukan biasanya adalah antara 3-10 menit.
  6. Periksa hasilnya. Setelah melewati waktu tunggu, periksa stik test pack untuk melihat hasilnya. Beberapa merek memiliki simbol berbeda untuk menunjukkan bahwa Anda hamil atau tidak. Jadi, sesuaikan dengan petunjuk penggunaan yang tercantum dalam kemasan.
    cara menggunakan alat tes kehamilan (test pack)

    Periksa hasil pemeriksaan dengan cermat dan teliti.

  7. Konsultasi dengan dokter atau bidan. Apapun hasilnya, berkonsultasilah dengan dokter untuk meyakinkan bahwa Anda hamil atau tidak.

Itulah ulasan mengenai cara menggunakan alat tes kehamilan (test pack) yang telah kami rangkum untuk Anda. Jangan lupa perhatikan tips membeli alat tes kehamilan di atas demi menjaga keamanan, keefektifan, dan keakuratan alat tes kehamilan. Lakukan konsultasi dengan dokter atau bidan Anda agar Anda semakin yakin dengan hasil yang Anda peroleh.

Semoga bermanfaat.


[BACA JUGA:]


Cara menggunakan alat tes kahamilan (test pack) - SCount

Tingkatkan peluang kemahilan Istri dengan rutin mengonsumsi SCount.

Cara menggunakan alat tes kahamilan (test pack) - Ovuma

Suburkan kandungan wanita agar segera hamil dengan Ovuma.

0 Comments

Leave a reply