Ciri, Kandungan Gizi, dan Khasiat Bangle

Ciri, Kandungan Gizi, dan Khasiat Bangle
30 Agustus 2017 admin

Biore Pore Pack Batik dalam Ciri, Kandungan Gizi, dan Khasiat Bangle

Ciri, Kandungan Gizi, dan Khasiat Bangle – Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam menjaga kesehatannya. Ketika seseorang merasa kesehatannya terganggu, tindakan pertama yang terlintas adalah berobat ke dokter. Ini menjadi cara yang paling umum dipilih oleh kebanyakan orang.

Namun, ada juga sebagian orang yang lebih memilih melakukan cara-cara alami agar selalu sehat. Mereka biasanya menggunakan bahan dan media alami untuk menyembuhkan penyakitnya atau hanya sekedar menjaga kesehatan. Cara ini menjadi pilihan sebagian orang yang menginginkan penyembuhan yang aman, alami, dan minim efek samping. Orang-orang yang alergi dengan obat medis juga menjadikan cara alami sebagai solusi agar tetap sehat.

Tersedia bahan-bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Bahan-bahan alami tersebut tentunya lebih aman dibanding obat medis. Pengolahan bahan-bahan alami tersebut harus diperhatikan agar khasiatnya semakin terasa.

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat yaitu bangle. Bagi sebagian masyarakat Indonesia, bangle memang sudah dikenal sebagai tanaman obat untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan. Perawatan dan kecantikan tubuh juga bisa diperoleh dari bangle. Lantas, apa sebenarnya bangle itu? Bagaimana ciri-cirinya? Gizi apa yang terkandung di dalamnya? Dan apa saja manfaat atau khasiat bangle? Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Bangle?

Ciri, Kandungan Gizi, dan Khasiat BangleBanyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui apa sebenarnya bangle itu. Mungkin termasuk Anda. Nah, bangle atau Zingiber Montanum atau Zingiber Purpureum adalah salah satu tanaman rempah-rempah anggota suku temu-temuan yang kerap dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan bahan pengobatan.

Bangle ditemukan di kawasan beriklim tropis seperti kawasan India selatan dan kawasan Asia Tenggara (Thailand, Vietnam, Myanmar, Laos, Kamboja, Malaysia, dan Indonesia). Di Indonesia sendiri, bangle dikenal dengan nama yang bervariasi. Di antaranya mungle (Aceh), bungle (Tapanuli), kunik bolai (Rana Minang), panglai (Sunda), pandhiyang (Madura), bale (Makassar), panini (Bugis), unin makei (Ambon), dan yang lainnya.

Ciri-Ciri Tanaman Bangle

Ciri, Kandungan Gizi, dan Khasiat BangleDengan mengetahui ciri-ciri tanaman bangle, pengetahuan Anda terkait tanaman herbal akan semakin bertambah. Berikut ini adalah ciri-ciri tanaman bangle, antara lain:

  1. Bangle membentuk umbi di bawah permukaan tanah. Bangle sendiri memiliki bentuk yang hampir mirip dengan jahe, namun sebenarnya berbeda.
  2. Bangle umumnya berwarna kuning kehijauan dengan rasa yang pahit pedas dan aroma yang menyengat.
  3. Bunga bangle berbentuk seperti nanas dengan warna merah terang. Ketika masih muda, pucuk bunga bangle berwarna hijau.
  4. Bangle memiliki batang semu.
  5. Bangle memiliki daun selang-seling memanjang berwarna hijau tua dengan tulang daun menyirip.
  6. Tinggi maksimal bangle mencapai 1,5 m.
  7. Bangle tumbuh di tempat yang sejuk dan lembab.
  8. Agar dapat tumbuh dengan maksimal, bangle membutuhkan tempat dengan intensitas sinar matahari 50 %.
  9. Bangle tumbuh berkelompok dan umumnya ditemukan di sekitar rumpun bambu atau kebun.
[Tak boleh dilewatkan] 15 Manfaat Kulit Buah Manggis Untuk Kesehatan

Kandungan Gizi dan Nutrisi dalam Bangle

Setelah mengetahui bangle dan ciri-cirinya, informasi mengenai kandungan gizi dan nutrisinya tak boleh dilewatkan. Menurut sebuah penelitian, rimpang bangle mengandung terpinen, sabinene, phenylbutanoids, butadiene, trans, dan trans-4. Zat-zat lain dalam bangle yang ditemukan dalam penelitian terbaru adalah antioksidan cassumunarin A, cassumunarin C, dan cassumunarin C.

Selain rimpang, penelitian juga dilakukan di bagian daunnya yang dianggap mengandung sabinene, caryophyllene, pinene, triquinacene, dan ocinene. Kandungan-kandungan zat dalam rimpang dan daun bangle dapat menghangatkan tubuh dan menenangkan pikiran. Zat-zat tersebut juga efektif untuk mengatasi berbagai penyakit seperti masuk angin, susah BAB, dan yang lainnya.

[Artikel lainnya] Daun Sirih : Jenis dan Manfaat

Khasiat Bangle Untuk Kesehatan dan Perawatan Tubuh

Nah, Anda juga harus tahu apa sebenarnya manfaat atau khasiat dari tanaman bangle. Untuk mendapatkan khasiat bangle sendiri, Anda bisa membuat ramuannya sendiri atau mengonsumsi kapsul bangle yang bisa dibeli di toko obat dan apotek. Nah, manfaat atau khasiat bangle di antaranya yaitu:

  • Sebagai obat demam
  • Sebagai obat sakit perut
  • Sebagai obat sakit kepala
  • Sebagai obat rematik
  • Sebagai obat sakit kuning
  • Sebagai obat cacingan
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Sebagai obat batuk berdahak
  • Menyembuhkan begah
  • Melancarkan BAB (buang air besar)
  • Sebagai obat masuk angin
  • Mencegah penuaan dini
  • Menyembuhkan luka luar
  • Mengencangkan kulit wajah
  • Mengecilkan perut setelah melahirkan
  • Mengatasi perut nyeri
  • Menurunkan berat badan
Q-Slim dalam Ciri, Kandungan Gizi, dan Khasiat Bangle

Kandungan bangle dalam Q-Slim ampuh turunkan berat badan.

Nah, itulah ulasan mengenai apa itu bangle serta ciri-ciri, kandungan gizi, dan khasiat bangle. Tentu pengetahuan Anda semakin bertambah, bukan? Mulai sekarang, jangan ragu untuk mengambil manfaat dari tanaman bangle. Anda bisa mengolahnya secara mandiri atau mengonsumsi kapsul bangle yang saat ini sudah banyak yang menjualnya.

Semoga bermanfaat.


– Presented By –

KAPSUL HERBAL BANGLE dalam Ciri, Kandungan Gizi, dan Khasiat Bangle


BACA JUGA:

Kenali Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Obesitas (Kegemukan): Penyebab dan Penanganannya

TERBUKTI : 9 Cara Alami Mengecilkan Perut Buncit!

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*