Diabetes: Penyebab, Gejala, Komplikasi, Mengobati

Diabetes: Penyebab, Gejala, Komplikasi, Mengobati
19 Maret 2018 admin

Diabetes – Penyakit diabetes termasuk salah satu penyakit yang disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Diabetes atau yang juga disebut dengan diabetes melitus adalah penyakit jangka panjang (menahun) dan kronis yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) di atas normal. Penyakit diabetes ini memiliki dua jenis utama, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Untuk menambah pengetahuan Anda tentang penyakit diabetes dan sebagai upaya pencegahan maupun penanganan diabetes, simak ulasan berikut ini.

Penyebab Diabetes

Diabetes dengan dua jenis utamanya, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2 disebabkan oleh hal-hal berikut ini.

Diabetes Tipe 1

Dalam diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh telah keliru menyerang sel-sel dalam pankreas sehingga produksi insulin pun berhenti. Sistem kekebalan tubuh penderita diabetes mengira sel-sel pankreas tersebut membahayakan tubuh. Hal ini sering dianggap dengan kondisi autoimun.

Penyebab diabetes tipe 1 bisa berasal dari faktor keturunan. Selain itu, faktor eksternal juga dipercaya menjadi pemicu penyakit diabetes tipe 1, antara lain:

  • Virus. Misalnya virus Epstein-Barr, enterovirus, rotavirus, virus rubella, serta virus gondongan.
  • Obat-obatan dan senyawa kimia, seperti pyrinuron dan strepzotocin.

Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 terjadi pada saat organ pankreas dalam tubuh seseorang tidak memproduksi cukup insulin untuk mempertahankan kadar gula darah dalam batas normal. Terdapat sejumlah faktor di balik kurangnya produksi insulin dalam diabetes tipe 2, meliputi:

  • Pengaruh faktor keturunan. Memiliki anggota keluarga yang menderita diabetes juga akan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.
  • Faktor usia. Resiko diabetes tipe 2 akan semakin tinggi seiring bertambahnya usia. Diabetes jenis ini umumnya menyerang orang-orang yang berusia 40 tahun ke atas.
  • Dampak berat badan. Risiko diabetes tipe 2 lebih tinggi pada orang yang mengalami kelebihan berat badan dan obesitas (kegemukan).
  • Pradiabetes, yaitu kondisi kadar gula darah yang selalu melebihi normal, tapi belum mencapai tahap diabetes.
  • Faktor etnis. Etnis Asia memiliki resiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi.

Gejala Diabetes

Gejala diabetes sangat penting untuk diketahui. Diabetes dapat berkembang dengan cepat dalam beberapa minggu, bahkan beberapa hari saja. Beberapa gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2 meliputi:

  • Mulut kering dan sering merasa haus.
  • Sering buang air kecil, terutama di malam hari.
  • Rasa lapar yang ekstrem.
  • Gatal-gatal.
  • Tekanan darah rendah.
  • Pingsan.
  • Berkurangnya massa otot.
  • Turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas.
  • Terdapat keton dalam air seni. Keton adalah produk sampingan dari metabolisme otot dan lemak yang terjadi ketika produksi insulin tidak cukup.
  • Pandangan yang kabur.
  • Kelelahan.
  • Luka yang lama sembuh dan mudah mengalami infeksi.
  • Sering mengalami infeksi, misalnya pada gusi, kulit, vagina, atau saluran kemih.

Komplikasi Diabetes

komplikasi diabetes

Semakin lama seseorang menderita penyakit diabetes, maka semakin tinggi pula resikonya mengalami komplikasi akibat diabetes tersebut. Berbagai komplikasi akibat penyakit diabetes tersebut antara lain:

1. Kerusakan mata

Penyakit diabetes yang diderita seseorang dapat merusak pembuluh darah di matanya, sehingga bisa menyebabkan berbagai gangguan seperti katarak, kerusakan retina, glaukoma, hingga kebutaan.

2. Masalah jantung

Seseorang dengan diabetes beresiko tinggi terkena masalah jantung. Beberapa masalah pada jantung dan penyempitan pembuluh darah yang berhubungan dengan diabetes antara lain stroke, tekanan darah tinggi, kerusakan pembuluh arteri, dan kolesterol tinggi.

3. Masalah pada kulit dan kaki

Rusaknya jaringan saraf dan pembuluh darah pada tubuh penderita diabetes akan membatasi aliran darah ke kulit dan kaki. Luka gores kecil di kaki atau kulit penderita diabetes dapat dengan mudah berubah menjadi infeksi yang sangat parah. Bahkan pada kondisi terparah, bagian tersebut harus diamputasi agar infeksi tidak terus menyebar.

4. Neuropathy

Kadar glukosa (gula) yang berlebih pada tubuh penderita diabetes dapat merusak saraf dan jaringan pembuluh darah sehingga menyebabkan kesemutan, sakit, mati rasa, atau sensasi seperti terbakar.

5. Gagal ginjal

Jika kadar glukosa (gula) dalam darah terlalu tinggi, ini dapat memengaruhi kemampuan ginjal untuk menyaring kotoran dalam darah sehingga merusak sistem penyaringan ginjal.

6. Masalah pada organ seksual

x cure - obat kuat diabetesDiabetes juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan organ seksual seseorang. Penderita diabetes umumnya lebih besar mengalami infeksi saluran kemih. Hal ini bisa disebabkan oleh kotoran yang tidak disaring oleh ginjal, sehingga menyebabkan infeksi di saluran kemih.

Selain itu, diabetes juga bisa memengaruhi seksualitas penderita. Penyakit diabetes yang dialami wanita bisa membuat Miss V-nya kering sehingga bisa membuat hubungan seks menjadi sangat menyakitkan. Untuk itu, sangat disarankan untuk menggunakan pelumas jika hendak berhubungan seks. Sedangkan pria penderita diabetes beresiko mengalami masalah seksual seperti impotensi, ejakulasi retrograde, sulit ejakulasi, dan kurang bergairah. Bagi pria penderita diabetes, penggunaan obat kuat diabetes bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah-masalah seksual akibat diabetes tersebut.

Baca lebih lanjut:

Ternyata Ada Pengaruh Diabetes Terhadap Seksualitas, Lho!

Cara Mengobati Diabetes

Untuk mengangani dan mengobati diabetes, langkah-langkah berikut ini bisa dilakukan.

1. Menjalani pola hidup sehat

Pola hidup sehat bagi penderita diabetes seperti Anda bisa dimulai dengan melakukan diet seimbang rendah gula dan karbohidrat. Sayuran bisa menjadi pilihan untuk menggantikannya. Kemudian Anda juga harus melakukan olahraga rutin untuk mengurangi tingkat obesitas, memperlancar aliran darah, dan mengaktifkan hormon seksual. Selain itu, kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman beralkohol, mengonsumsi narkoba, dan yang lainnya juga harus dihindari dan ditinggalkan.

2. Memilih obat diabetes terbaik

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengobati diabetes tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alternatif lain untuk mengobati diabetes seperti mengonsumsi obat herbal diabetes yang aman dan efektif karena terbuat dari bahan-bahan alami.

DIABETAGO

OBAT HERBAL DIABETES BPOM

Kami hadirkan solusi terbaik untuk mengobati penyakit diabetes.

DIABETAGO, dibuat dari bahan herbal alami yang berkhasiat untuk mengobati penyakit diabetes.

DIABETAGO telah teruji dan terbukti manfaatnya, serta aman BPOM.

Diabetago Obat Diabetes Kencing Manis BPOM


Formula Hebat 3 Herbal Berkhasiat

Mahkota Dewa

Sambiloto

Pegagan


Mengapa Harus DIABETAGO?

  1. Alami, karena terbuat dari 100% bahan herbal dan tanpa campuran bahan pengawet.
  2. Aman,karena telah lulus uji Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia.
  3. Berkhasiat,karena diproses secara tepat dan higienis sehingga kandungan zat-zat dalam herbal tidak terbuang sia-sia.
  4. Praktis,karena diproduksi dalam bentuk kapsul siap minum.
  5. Tidak membuat ketergantungan, aman dikonsumsi jangka panjang.

BPOM DIABETAGO ONHERBA


Selengkapnya tentang DIABETAGO, klik disini

Itulah ulasan mengenai penyakit diabetes mulai dari pengertian, penyebab, gejala, komplikasi, dan pengobatannya. Pengetahuan sejak dini bisa mencegah penyakit diabetes agar tidak semakin parah. Semoga bermanfaat, mari lawan diabetes!


BACA JUGA:

9 Comments

Pingbacks

  1. […] air mani pria dapat membantu mencerna gula dalam tubuh. Tentunya hal ini bermanfaat untuk mencegah diabetes dan menjaga kadar gula darah tetap […]

  2. […] Diabetes bisa menyerang pria dan wanita. Umumnya, diabetes disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Misalnya kurang berolahraga, makan berlebihan, sering mengonsumsi makanan cepat saji, dan penyebab lainnya. Kedua tipe diabetes, yaitu tipe 1 dan 2 dapat menyebabkan implikasi. Salah satu implikasinya yaitu terhadap performa seksual penderita. Kebanyakan penderita diabetes merasa bingung dan bertanya-tanya tentang hubungan antara diabetes dan seks. Apakah Anda juga termasuk penderita diabetes yang bingung dengan pengaruh diabetes terhadap seks? Nah, berikut ini kami rangkum beberapa hal yang sering ditanyakan oleh penderita diabetes. Let’s see! […]

  3. […] penderita diabetes atau gula darah tinggi di Indonesia mencapai 10 juta orang dan menempati peringkat ketujuh […]

  4. […] yang memiliki tubuh gemuk atau tidak ideal lebih beresiko terkena penyakit-penyakit serius seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, dan yang lainnya. Berat badan yang berlebihan tersebut juga bisa membuat […]

  5. […] seksual seperti ejakulasi dini dan impotensi serta sedang menderita penyakit serius seperti diabetes pun bisa mengurangi kenikmatan saat […]

  6. […] bisa menjadi solusi yang sangat diandalkan oleh pria-pria dengan penyakit serius, salah satunya diabetes. Pria penderita diabetes biasanya akan mengalami impotensi, ejakulasi dini, ejakulasi retrograde, […]

  7. […] JUGA:] Simak 5 Pertanyaan Umum Tentang Diabetes dan Seks Ini! Diabetes: Penyebab, Gejala, Komplikasi, Mengobati Adakah Pengaruh Diabetes Terhadap […]

  8. […] dapat menyebabkan komplikasi yang bisa membahayakan nyawa, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, kanker usus, kanker payudara, hipertensi, dan yang lainnya. Maka dari itu, sangat penting bagi […]

  9. […] Cepat Lelah? Konsumsi Buah Penambah Stamina Ini Obesitas (Kegemukan): Penyebab dan Penanganannya Diabetes: Penyebab, Gejala, Komplikasi, Mengobati Coba 12 Cara Melangsingkan Tubuh Secara Alami […]

Leave a reply