Daun Sirih : Jenis dan Manfaat

Daun Sirih : Jenis dan Manfaat
3 Juli 2017 admin

Q-Slim dalam Jenis dan Manfaat Daun SirihJenis dan Manfaat Daun Sirih – Daun sirih merupakan salah satu daun yang paling populer di Indonesia. Daun sirih memiliki aroma sedap yang khas. Daun sirih juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Daun sirih mengandung antiseptik yang mampu mencegah gigi berlubang. Sebagai budaya Indonesia, daun sirih biasa dikunyah bersama gambir, pinang, dan kapur. Tak ketinggalan, tembakau juga biasa ditambahkan agar semakin menambah aroma dan cita rasa yang khas.

Daun sirih atau Piper Betle berbentuk seperti jantung dan berujung runcing. Panjangnya sekitar 5-8 cm dengan lebar 2-5 cm. Umumnya, daun sirih tumbuh berselang-seling dan bertangkai. Apabila diremas, daun sirih akan mengeluarkan aroma yang sedap.

Jenis-Jenis Daun Sirih

Tahukah Anda bahwa sebenarnya daun sirih memiliki jenis yang beragam? Selain daun sirih hijau, ternyata ada jenis daun sirih lain. Untuk lebih jelasnya, berikut ini informasi mengenai jenis daun sirih yang telah kami rangkum untuk Anda.

1. Daun sirih gading

Jenis dan Manfaat Daun Sirih gadingDaun sirih gading juga sering disebut dengan daun sirih kuning. Daun sirih gading hampir mirip dengan daun sirih hijau. Yang membedakannya adalah daun sirih gading berwarna lebih muda dan agak kekuning-kuningan. Daun sirih gading ini digunakan sebagai tanaman obat.

2. Daun sirih wulung

Daun sirih wulung yang juga disebut dengan daun sirih keraton termasuk jenis daun sirih yang langka. Yang menjadi ciri-ciri khusus daun sirih wulung adalah perubahan warnanya menjadi ungu ketika disinari oleh cahaya dari bawah. Daun sirih wulung ini bermanfaat sebagai tanaman obat dan hias.

3. Daun sirih hitam

Jenis dan Manfaat Daun Sirih hitamCiri khusus yang mencolok adalah warna hitamnya yang tidak akan pudar meski telah melalui proses pengeringan. Daun sirih hitam ini sering digunakan sebagai syarat ritual.

4. Daun sirih merah

Jenis dan Manfaat Daun Sirih merahTanaman sirih merah bisa digunakan sebagai media pengobatan atau pun sebagai penghias rumah. Salah satu ciri khusus yang menonjol dari tanaman ini adalah seluruh bagian daunnya berwarna merah.

5. Daun sirih philipine

Jenis dan Manfaat Daun Sirih philipineSelain jenis wulung, sirih philipine juga termasuk tanaman sirih yang langka. Penampilan daun sirih philipine memiliki kemiripan dengan daun sirih merah. Yang membedakannya hanyalah bagian bawah daun sirih philipine yang tidak berwarna merah.

6. Daun sirih Irian

Daun sirih Irian juga biasa disebut dengan daun sirih lalapan. Mengapa demikian? Hal ini karena daun sirih Irian sering dijadikan sebagai bahan makanan atau lalapan. Ciri yang menonjol dari tanaman ini adalah daunnya yang lebar.

7. Daun sirih hati

Jenis dan Manfaat Daun Sirih hatiDaun sirih hati ini memiliki ukuran daun yang sangat kecil, berbanding terbalik dengan daun sirih Irian. Bahkan, bisa dibilang daun sirih hati ini merupakan jenis tanaman sirih yang memiliki daun dan batang terkecil. Ukuran daun sirih ini diperkirakan hanya sebatas ukuran uang koin 100 rupiah.

8. Daun sirih jalu

Daun sirih jalu sendiri hanya memiliki warna kuning di bagian tengah dan pangkal daunnya. Daun sirih jalu ini cocok digunakan sebagai tanaman hias.

Manfaat Daun Sirih

Daun sirih identik dengan kegiatan ‘nyirih’ yang dilakukan oleh kakek-kakek atau nenek-nenek. Namun, ternyata daun sirih tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut, lho! Ada beragam manfaat yang bisa diperoleh dari daun sirih. Apa saja manfaat tersebut? Berikut ini manfaat daun sirih, antara lain:

  • Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betlephenol), pati, seskuiterpen, diatase, gula, kavikol, dan zat samak yang mampu membunuh kuman dan jamur.
  • Daun sirih mampu menghilangkan bau badan yang ditimbulkan oleh bakteri dan cendawan.
  • Daun sirih efektif untuk menghilangkan bau mulut dan membunuh kuman di mulut.
  • Daun sirih bersifat menahan dan menghentikan pendarahan.
  • Daun sirih mampu menyembuhkan luka pada kulit.
  • Daun sirih mampu mengatasi radang tenggorokan, mengerutkan dan mengeluarkan dahak, serta meluruhkan ludah.
  • Kandungan bahan aktif fenol dan kavikol dalam daun sirih hutan dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap.
  • Daun sirih mampu mengobati penyakit sifilis.
  • Daun sirih terbukti mampu menyehatkan gusi, serta mengobati penyakit gusi dan sariawan.
  • Daun sirih mampu mempercepat penyembuhan penyakit demam berdarah.
  • Bagi ibu menyusui, daun sirih dapat digunakan untuk mengurangi produksi ASI berlebih.
  • Daun sirih mampu mengobati penyakit jantung dan bronchitis.
  • Daun sirih dapat digunakan sebagai obat asma.
  • Daun sirih mampu mengobati iritasi dan rasa sakit pada mata.
  • Daun sirih mampu mengatasi gangguan saluran pencernaan dan diare.
  • Daun sirih dapat dimanfaatkan untuk melancarkan haid.
  • Daun sirih efektif untuk mengobati keputihan, menghilangkan bau tak sedap, dan mengatasi masalah kesehatan organ intim wanita lainnya.

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai jenis daun sirih dan manfaatnya. Tentunya semakin menambah pengetahuan dan wawasan Anda, bukan? Semoga bermanfaat.


[Baca Juga:]

Tampil Menawan dengan 9 Lulur Mandi yang Bagus Ini

15 Manfaat Kulit Buah Manggis Untuk Kesehatan

TERBUKTI : 9 Cara Alami Mengecilkan Perut Buncit!

Resik-V Daun Sirih dalam jenis dan manfaat daun sirih

MUSTIKA RATU DAUN SIRIH MOUTHWASH dalam Jenis dan Manfaat Daun Sirih

0 Comments

Leave a reply