Keuntungan dan Kerugian yang Akan Kita Dapatkan Dari E Commerce

Keuntungan dan Kerugian yang Akan Kita Dapatkan Dari E Commerce
9 Agustus 2017 admin

Bagi kalian yang sudah mendalami dunia bisnis tentunya sering mendengar istilah E Commerce atau Elektronik Commerce. Namun, bagi kalian yang belum terlalu paham megenai apa itu E Commerce, maka kami akan memberitahu kalian tentang apa itu E Commerce dan bagaimana pentingnya E Commerce dalam dunia yang semakin canggih ini.

Apa Sebenarnya Arti E Commerce?

Sederhananya E Commerce tidak jauh berbeda dengan pasar tradisional yang disana penjual dan pembeli melakukan pertemuan untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Namun, ada perbedaan antara E Commerce dan pasar tradisional, dimana E Commerce menggunakan media komunikasi yang terhubung dengan internet sebagai saluran utamanya. E Commerce seringkali menggunakan bentuk komunikasi terbatas, misalany email, faks atau faksimili.

Kegiatan E Commerce ini memungkinkan untk melakukan kegiatan jual beli barang dan jasa yang dilakukan dari rumah tanpa perlu berpegian ke suatu tempat. Hanya cukup dengan berkunjung disebuah website untuk mencari sesuatu yang kalian perlukan dan melakukan transaksi secara mudah dengan penjualnya secara online.

Lalu bagaimana cara pembayarannya? Cara pembayarannya cukup melalui jalur yang telah diproteksi dan dienkripsi, maka dengan demikian transaksi keuanagn dapat berlangsung dengan aman. Cara pembayaran dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, paypal, cehck dan juga melalui pembayaran tradisional.

Berikut ini adalah beberapa jenis dari E Commerce itu sendiri, berikut ini selengkapnya!!

B2B (Business to Business)

B2B E Commerce sudah ada sejak lama, lebih dari 90% dari transaksi e commerce di internet B2B. Transaksi dalam E Commerce ini sangat mungkin terjadi ketika transaksi secara otomatis sesama rekan bisnis. Sangat cocok sekali untuk para komunitas bisnis dengan mengedepankan keamanan dan efesiensi. Jenis ini lebih dikenal sebagai Electronic data Interchange (EDI).

B2C (Business To Consumer)

Jenis E Commerce ini diyakini sebagai salah satu hal yang penting dalam E Commerce dan internet. Pada sektor ini terus berkembang setiap harinya. Salah satu yang saat ini melejit dalam bidang ini adalah toko online yang tiap harinya melakukan transaksi juat beli melalui internet. Dalam E Commerce, tidak hanya menjual produk yang berupa digital, namun hampir semua produk dapat dijual dalam jenis E Commerce ini.

C2B (Consumer to Business)

Jenis E Commerce ini kebalikan dari B2C, dengan jenis ini para konsumen menawarkan produk atau jasa kepada perusahaan dan perusahaan membayar produk atau jasa kepada konsumen. Misalnya adalah Marketing afiliasi, kerja freelence, dan menjadi asisten virtual dan sebagainya.

B2E (Business to Employee)

Dalam B2E ini perusahaan menawarkan produk atau jasa kepada karyawan melalui internet. Biasanya juga digunakan untuk otomatisasi proses kerja internal karyawan perusahaan. Misalnya adalah penggunaan teleconference untuk pelaksanaan rapat internal sebuah perusahaan.

C2C (Consumer to Consumer)

Jenis ini adalah jenis E Commerce yang berbeda dengan yang lainnya. Dimana ada pihak ketiga sebagai perantara dalam transaksi antara dua atau lebih konsumen. Namanya lebih sering disebut dengan lelang online. Dalam lelang online ini, konsumen dapat membuka harga sebuah rpoduk untuk konsumen yang lain, dan konsumen yang lainnya dapat menawarkan harga tertentu pula. Konsumen dengan penawaran harga tertinggi akan mendapatkan produk yang telah dijual.

Keuntungan yang Akan Kita Dapatkan Dari E Commerce

E Commerce seringkali dikaitkan dengan aktivitas bisnis misalnya saja menjual dan juga membeli produk atau jasa melalui sistem elektronik seperti jaringan internet yang sekarang ini marak terjadi, yaitu melakukan transaksi melalui Marketplace atau transaksi Online lainnya. Saat ini, pertumbuhan pesat Situs jual beli Online telah mempengaruhi setiap aspek bisnis, misanya saja transaksi, manajemen, pemasaran internet sampai organisasi penyimpanan barang. Sama seperti bisnis pada umumnya, Marketplace atau Toko Online memiliki karakteristik berupa kelebihan dan kekurangan, mari kita simak kelebihan dan kekurangan dari E Commerce berikut ini :

Dilihat dari 3 pihak utama yang terlibat dalam transaksi E Commerce, yaitu bagi perusahaan, konsumen dan juga masyarakat.

Bagi Perusahaan

Meluas sampai ke pasar tradisional. Penerapan E Commerce merupakan sebuah perusahaan yang mampu meluas sampai ke pasar internasional. Bisnis ini dapat dijalankan tanpa terbatas negara dengan teknologi digital. Hal ini dapat menciptakan sebuah lembaga multinasional virtual.

Menghemat Biaya Operasional. Biaya operasional menjadi lebih hemat, proses pendestribusian, penyimpanan dan juga memperbaiki informasi cukup melalui internet.

Mengkostumisasi Massal. Dengan E Commerce, mamou merevolusi cara konsumen dalam membeli barang dan jasa. Modifikasi barang san jasa dimodifikasi sesuai dengan konsumen.

Biaya yang Dikeluarkan Lebih Rendah. Internet membuat leih mudah dan murah dalam melakukan transaksi antar konsumen.

Batasan waktu dapat diatasi. Menjalankan bisnis yang satu ini, tanpa mengenal batas waktu karena dijalankan secara online melalui internet yang selalu beroperasi setiap hari.

Bagi Konsumen

Konsumen dapat berbelanja sepanjang hari selama 24 jam. Sepanjang hari, sepanjang waktu, tahun di lokasi yang tak terbatas.

Lebih banyak Memilih. Banyak sekali sekumpulan produk yang dapat dipilih, selian itu anda juga dapat memilih produk yang lintas negara, sehingga konsumen memiliki pilihan produk yang lebih banyak.

Dapat membandingkan harga. Konsumen dapat berbelanja di seluruh dunia dan mampu membandingkan harganya dengan berkunjung ke berbagai situs yang berbeda atau dengan mengunjungi website yang menampilkan berbagai harga dari sejumlah provider.

Kekurangan E Commerce

Diatas kita telah mengetahui bagaimana kelebihan E Commerce, namun ada pula berbagai kekurangan dari E Commerce antara lain:

Bagi Perusahaan

Keamanan yang rentang. Banyak sekali hacker dan berbagai kelemahan keamanan dalam software.

Persaingan yang tidak sehat. Dibawah tekanan untuk berinovasi dan membangun dapat memicu tindakan ilegak yaitu berupa penjiplakan dan perang harga.

Bagi Konsumen

Perlu keahlian mengoperasikan Kompueter. Tanpa mengoperasikan komputer atau gadget maka sangat mustahil dapat berpasrtisipasi dalam E Commerce.

Biaya tambahan untuk mengakses Internet. Membutuhkan koneksi internet yang tentu saja menambah pengeluaran konsumen.

Resiko bocornya data pribadi. Resiko bocornya data pribadi karena ulah orang lain yang ingin membobol sistem.

Berkurangnya waktu untuk berinteraksi secara langsung dengan orang lain.

Berkurangnya rasa kepercayaan kepada pembeli, karena konsumen hanya berinteraksi hanya melalui dunia maya.

Bagi Masyarakat

Berkurangnya interaksi antar manusia. Masyarakat yang lebih sering berinteraksi secara elektronik, mungkin berkurangnya kemampuan bersosial dan personal manusia untuk bersosialisasi secara langsung.

Kesenjangan sosial. Bahaya kesenjangan sosial anatara orang-orang yange mamiliki kemampuan teknis dalam E Commerce dengan tidak, yang memiliki keahlian digaji lebih tinggi daripada yang tidak.

Sumber daya yang terbuang. Menculnya tekhnologi yang baru akan membuat tekhnologi yang lama atau software model lama yang sudah tidak relevan untuk digunakan.

Melakukan transaksi melalui Online atau dengan menggunakan E Commerce harusnya lebih baik dari apa yang ditawarkan dalam pembelian konvensional, kemudahan memang menjadi daya tarik. Kemudahan mengakses pilihan barang, kemudahan dalam melakukan pembelian, kemudahan pembayaran sampai dengan kemudahan pengiriman. Oleh karena itu, banyak kemudian orang yang lebih memilih transaksi online daripada konvensional.

0 Comments

Leave a reply