Macam-Macam Gangguan Prostat dan Cara Mengatasinya

Macam-Macam Gangguan Prostat dan Cara Mengatasinya
15 Juni 2017 admin

Macam-Macam Gangguan Prostat dan Cara Mengatasinya – Prostat adalah kelenjar kecil di panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat terletak di bawah kandung kemih dan mengelilingi uretra (saluran kencing). Ukuran prostat adalah sebesar biji kemiri, dengan diameter 4 cm. Ukuran prostat akan semakin membesar seiring dengan bertambahnya usia pria.

Prostat berfungsi untuk mengeluarkan campuran cairan dan enzim yang diperlukan oleh sperma agar tetap sehat dan subur. Seiring bertambahnya usia, kelenjar prostat bisa mengalami gangguan. Gangguan prostat yang dialami pria tentunya juga akan mengganggu aktivitas sehari-harinya. Lantas, apa saja macam-macam gangguan prostat yang bisa menyerang pria? Bagaimana cara mengatasinya? Mari simak ulasan berikut ini.

Macam-Macam Gangguan Prostat

Gangguan prostat yang bisa menyerang pria meliputi pembesaran prostat jinak, peradangan prostat, dan kanker prostat.

1. Pembesaran Prostat Jinak

Pembesaran prostat jinak atau Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) adalah kondisi ketika kelenjar prostat mengalami pembengkakan. Umumnya, pria yang mengalami kondisi ini berusia 50 tahun ke atas. Hingga saat ini belum ditemukan keterkaitan antara pembesaran prostat jinak dengan peningkatan risiko kanker prostat.

Terdapat dua faktor utama yang menyebabkan BPH, yaitu bertambahnya usia dan berfungsinya sel leydig pada testis sebagai penghasil hormon androgen utama (testosteron). Sedangkan gejala pembesaran prostat jinak atau BPH antara lain:

  • Inkontinensia urin atau beser.
  • Sulit mengeluarkan urin.
  • Selalu ingin berkemih, terutama saat malam hari.
  • Nyeri saat buang air kecil.
  • Aliran urin tersendat-sendat.
  • Mengejan saat berkemih.
  • Merasa tidak tuntas setelah berkemih.
  • Mengeluarkan urin yang disertai darah.
2. Peradangan Prostat

Macam-Macam Gangguan Prostat dan Cara Mengatasinya - Peradangan ProstatPeradangan prostat atau prostatis disebabkan oleh infeksi bakteri yang masuk ke prostat melalui saluran kemih. Bakteri yang menyebabkan peradangan prostat diantaranya adalah bakteri E. Coli, Enterobakteri, Klebsiella, Streptokokkus, Pseudomonas, dan Stafilokokkus. Selain infeksi, peradangan prostat juga bisa disebabkan oleh gangguan yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh, gangguan pada sistem saraf, serta cedera pada kelenjar prostat dan bagian sekitarnya.

Peradangan prostat bisa terjadi pada semua laki-laki di segala usia (umumnya yang berusia di bawah 50 tahun). Peradangan prostat yang dialami pria terjadi dengan gejala-gejala berikut ini, yaitu:

  • Nyeri pada panggul, sekitar kelamin, punggung bagian bawah, dan bokong.
  • Sulit buang air kecil.
  • Urin keluar sedikit demi sedikit.
  • Sensasi panas seperti terbakar (perih) atau rasa sakit saat buang air kecil.
  • Rasa sakit saat ejakulasi.
  • Demam atau menggigil.
  • Frekuensi buang air kecil yang meningkat, terutama pada malam hari.
3. Kanker Prostat

Kanker prostat adalah pertumbuhan sel-sel secara tidak terkendali dalam kelenjar prostat. Kanker prostat ada yang bersifat agresif dan menyebar dengan cepat.  Namun, pada umumnya kanker prostat tumbuh secara perlahan dan tidak menyebar.

Gejala kanker prostat akan muncul ketika prostat membengkak dan memengaruhi uretra. Beberapa gejala yang muncul sebagai tanda awal pria mengalami kanker prostat antara lain:

  • Lebih sering buang air kecil, terutama saat malam hari.
  • Merasa kandung kemih selalu penuh.
  • Mengeluarkan darah dalam urin atau air mani.
  • Tekanan saat mengeluarkan urin berkurang.
  • Nyeri atau panas saat kencing.
  • Nyeri atau panas saat ejakulasi.

Cara Mengatasi Gangguan Prostat

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi gangguan prostat yang dialami pria, diantaranya adalah:

1. Perubahan gaya hidup

Perubahan gaya hidup yang dimaksud meliputi mulai berolahraga secara teratur, mengurangi atau berhenti mengonsumsi kafein, berhenti mengonsumsi minuman keras, dan yang lainnya.

2. Penanganan medis

Penanganan medis gangguan prostat meliputi obat-obatan dan tindakan medis. Obat-obatan untuk mengatasi gangguan prostat diantaranya adalah antibiotik, obat pereda rasa nyeri, alpa blocker, dutasteride, finasteride, alfuzosin, tamsulosin, dan yang lainnya. Sedangkan tindakan medis untuk mengatasi gangguan prostat antara lain operasi dan radioterapi.

3. Mengonsumsi habbatussauda (jintan hitam)

Macam-Macam Gangguan Prostat dan Cara Mengatasinya dengan HERBACURE NATURPROSTHabbatussauda bersifat sebagai apoptosis (mematikan sel-sel kanker), antiproliferasi, dan antiangiogenesis (pembentukan sel-sel pembuluh darah baru). Ketiga kemampuan habbatussauda tersebut mampu mengatasi gangguan prostat secara alami. Imbangi juga dengan mengonsumsi makanan bergizi dan melakukan olahraga teratur agar khasiat habbatussauda semakin terasa.

4. Mengonsumsi obat herbal kesehatan prostat

Ini merupakan solusi alternatif untuk mengatasi gangguan prostat. Obat herbal kesehatan prostat yang terbuat dari bahan-bahan herbal alami mampu mengatasi gangguan prostat secara alami. Yang harus diingat adalah pastikan bahwa obat herbal kesehatan prostat tersebut telah terdaftar di BPOM sehingga terjamin keamanan dan kualitasnya.

Itulah ulasan lengkap mengenai macam-macam gangguan prostat dan cara mengatasinya. Dengan mendekatkan diri kepada Tuhan dan berpikir positif, dan tentunya dengan memerhatikan hal-hal di atas, gangguan prostat dapat segera teratasi. Semoga bermanfaat.


[Artikel Lainnya:]

8 Penyebab Air Mani Encer dan Cara Mengatasinya

Foreplay, Solusi Seks Bagi Penderita Diabetes

Faktor Penyebab Sperma Sedikit Saat Ejakulasi

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*