Senam Kegel : Manfaat dan Cara Melakukan

Senam Kegel : Manfaat dan Cara Melakukan
22 Juni 2017 admin

Manfaat dan Cara Melakukan Senam Kegel – Setiap suami tentu ingin membahagiakan istri dari segi ekonomi dan fasilitas hidup. Suami juga ingin membahagiakan istrinya dari segi kebutuhan biologisnya, yaitu berhubungan seksual. Saat berhubungan seksual, suami sangat ingin memuaskan istrinya ketika agar keharmonisan rumah tangganya tetap terjaga dan langgeng.

Tak sedikit suami yang mengalami masalah-masalah seksual seperti ejakulasi dini, impotensi, kurang bergairah, dan yang lainnya. Kondisi tersebut tentu mengganggu kehidupan seksualnya. Mereka tidak dapat menikmati hubungan seks. Kepercayaan diri di hadapan istri pun menjadi menurun.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah seksual tersebut. Mulai dari bantuan medis, obat-obatan, hingga operasi. Selain cara-cara tersebut, ada satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah seksual tersebut. Cara ini juga akan membuat suami menjadi kuat dan tentunya tahan lama saat bercinta. Cara tersebut yakni dengan rutin melakukan senam kegel. Penasaran apa itu senam kegel? Apa manfaatnya? Bagaimana cara melakukannya? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Senam Kegel?

Senam kegel adalah gerakan yang ditujukan untuk mengencangkan otot panggul bawah. Umumnya, senam kegel bisa dilakukan oleh pria maupun wanita. Aktivitas senam kegel ini bermanfaat untuk mengencangkan otot-otot di bawah rahim, usus besar, dan kandung kemih.

manfaat dan cara melakukan senam kegel untuk priaPersalinan, obesitas, penuaan, dan operasi (bedah) dapat menurunkan fungsi dan kekuatan otot panggul bawah. Oleh karena itu, senam kegel atau yang sering disebut juga dengan senam pelatihan otot panggul bawah ini bermanfaat untuk memperbaiki kondisi tersebut. Ketika melakukan senam kegel ini, otot-otot panggul bawah akan semakin kuat dan tubuh akan terhindar dari berbagai gangguan-gangguan di saluran pembuangan.

Senam kegel sangat bermanfaat bagi seseorang yang mengalami masalah seperti:

  • Tidak sengaja mengeluarkan urin saat batuk, bersin, atau tertawa.
  • Disfungsi ereksi atau impotensi.
  • Melemahnya otot yang mengontrol buang air.
  • Melemahnya otot panggul dan melebar setelah persalinan yang menyebabkan turunnya rahim.
  • Ejakulasi dini.

Apa Manfaat Senam Kegel?

Secara umum, manfaat senam kegel meliputi pengelolaan buang air hingga hubungan intim, di antaranya adalah:

  1. Membantu menjaga kontrol otot untuk buang air.
  2. Pada pria, senam kegel bermanfaat untuk meningkatkan performa seksual. Selain itu, senam kegel juga dapat membantu mengelola ereksi atau menunda ejakulasi.
  3. Bagi ibu hamil, senam kegel dapat memperlancar proses persalinan. Otot panggul yang kuat dan elastis akan memudahkan dalam proses melahirkan dan mencegah episiotomi.

Para praktisi senam meyakini bahwa senam kegel bagi pria dapat meningkatkan kesehatan pria secara menyeluruh. Selain itu, senam kegel juga dapat meningkatkan kemampuan pria saat berhubungan seksual. Penis yang keras dan kuat saat ereksi pun bisa diperoleh dengan rutin melakukan senam kegel.

Baca juga: Penyebab Disfungsi Ereksi dan Cara Mengatasinya

Oleh karena itu, banyak praktisi senam, terapis seksual, dan ahli medis (dokter) yang menganjurkan pria untuk melakukan senam kegel agar menjadi kuat dan tahan lama saat bercinta. Tak hanya itu, senam kegel juga dianjurkan bagi pria yang mengalami impotensi dan ejakulasi dini karena manfaatnya yang sangat besar. Lantas, bagaimana cara melakukan senam kegel yang benar? Simak panduannya di bawah ini.


Cara Melakukan Senam Kegel

Senam kegel tidak membutuhkan tahapan dan intruksi yang rumit. Senam kegel juga tidak membutuhkan ruangan dan pakaian yang khusus. Yang terpenting adalah kenyamanan ketika melakukannya. Apakah Anda berminat untuk melakukan senam kegel? Sebagai langkah awal, senam kegel dapat dilakukan dengan berbaring. Cara melakukan senam kegel yaitu:

  1. Identifikasi bagian yang disebut otot panggul bawah atau otot dasar panggul. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mencoba menghentikan keluarnya urin saat buang air kecil. Otot yang menahan air seni itulah yang disebut dengan otot panggul bawah. Pada pria, jika mengencangkan otot panggul sambil bercermin, bagian bawah penis akan bergerak ke arah perut dan testikel akan naik.manfaat dan cara melakukan senam kegel untuk pria
  2. Kosongkan kantung kemih.
  3. Masih dalam posisi berbaring, kencangkan otot panggul bawah Anda. Tahan hingga 5 detik, kemudian lepaskan (kendorkan). Ulangi 4-5 kali.
  4. Setelah itu, tingkatkan durasi dari 5 detik ke 10 detik. Dalam melakukan proses pengulangan tersebut, tetaplah bernapas dengan bebas dan normal seperti biasanya.
  5. Saat mengencangkan otot panggul bawah tersebut, hindari mengencangkan otot paha, perut, dan bokong.
  6. Ulangi gerakan tersebut tiga kali sehari. Pengulangan yang bisa Anda lakukan yaitu sebanyak 10 x pengulangan.
Perhatian:

Hindari melakukan gerakan senam kegel ini untuk menahan kencing. Karena dapat melemahkan otot panggul dan beresiko terkena infeksi saluran kencing. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya lakukan senam kegel ini secara rutin dan teratur setiap hari. Untuk melakukannya, Anda tidak memerlukan waktu dan ruang yang khusus. Bahkan, senam kegel bisa dilakukan ketika Anda sedang duduk mengetik, membaca, atau dalam perjalanan. Setelah otot panggul Anda semakin kencang, Anda bisa melakukan senam kegel ini sambil berdiri atau berjalan.

Manfaat senam kegel tidak dapat dirasakan seketika itu juga. Jika Anda teratur melakukannya, umumnya manfaat senam kegel dapat dirasakan sekitar 4-6 minggu kemudian. Jika tidak kunjung mendapatkan hasil yang diinginkan, periksa gerakan yang telah Anda lakukan. Mungkin gerakan yang Anda lakukan salah, atau ada kondisi otot Anda yang butuh penanganan serius.


Tips Mendapatkan Hasil yang Optimal dari Senam Kegel

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, atur pikiran dan keteraturan Anda saat melakukannya. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk mengoptimalkan manfaat senam kegel, yaitu:

  • Hindari stres.
  • Ingatlah manfaat senam kegel yang luar biasa sehingga Anda menjadi termotivasi untuk rutin melakukannya.
  • Lakukan senam kegel di waktu yang sama setiap hari, seperti saat menggosok gigi, menonton tv di sore hari, atau duduk mengetik di pagi hari.
  • Menerapkan gaya hidup sehat lain, seperti rajin olahraga dan mengonsumsi makanan bergizi.
  • Perhatikan perkembangan yang Anda rasakan.

magic oil dalam manfaat dan cara melakukan senam kegelItulah ulasan lengkap tentang pengertian, manfaat, dan cara melakukan senam kegel. Bagi pria, tentunya senam kegel sangat menarik karena mampu mengatasi masalah-masalah seksual seperti ejakulasi dini dan impotensi. Jika Anda termasuk pria mengalami salah satu atau kedua masalah seksual tersebut, lakukanlah senam kegel secara rutin setiap hari. Imbangi pula dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Anda juga bisa menggunakan obat herbal ejakulasi dini dan obat herbal impotensi agar masalah-masalah seksual yang Anda alami bisa segera teratasi.

Semoga bermanfaat.


[Artikel Lainnya:]

Ini Waktu yang Tepat Untuk Bercinta Menurut Sains

Cepat Lelah? Konsumsi Buah Penambah Stamina Ini

Penelitian, 15 Cara Alami Memperbanyak Sperma


durevel dalam http://www.romantiz.com/15-cara-alami-memperbanyak-sperma/

0 Comments

Leave a reply