Mengenal Produk Lebah dan Manfaatnya Bagi Manusia

Mengenal Produk Lebah dan Manfaatnya Bagi Manusia
11 Juli 2017 admin

LHIFORMAG dalam Mengenal Produk Lebah dan Manfaatnya Bagi Manusia

Produk Lebah dan Manfaatnya – Pernahkah Anda tersengat lebah? Jika pernah, bagaimana rasanya? Tentu nyeri dan sakit, bukan? Jangan hanya karena “insiden” tersebut lantas membuat Anda menjadi benci terhadap lebah. Mengapa demikian? Karena lebah adalah hewan yang dapat memberikan manfaat luar biasa bagi manusia. Apa saja manfaat tersebut? Artikel ini akan membahasnya untuk Anda.

Sekilas Tentang Lebah

Semua orang tentu mengenal lebah. Lebah merupakan sekelompok besar serangga yang dikenal karena hidupnya berkelompok, meskipun sebenarnya tidak semua lebah bersifat demikian. Semua lebah masuk dalam suku Apidae. Berdasarkan penelitian, spesies lebah dapat ditemukan di semua benua, kecuali Antartika.

Lebah mempunyai tiga pasang kaki dan dua pasang sayap. Lebah membuat sarangnya di atas bukit, di atap rumah, dan di pohon kayu. Sarangnya dibangun dari propolis (perekat dari getah pohon) dan malam yang diproduksi oleh kelenjar-kelelenjar lebah betina yang masih muda. Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari.

Produk Lebah dan Manfaatnya Bagi Manusia

Apa yang Anda ketahui tentang produk yang dihasilkan lebah? Umumnya, semua orang hanya mengetahui bahwa madu adalah satu-satunya produk yang dihasilkan oleh lebah. Namun ternyata lebah tak hanya menghasilkan madu. Selain madu, lebah juga menghasilkan produk atau bahan alami lain seperti bee pollen, propolis, royal jelly, dan masih banyak lagi. Semua produk lebah tersebut tentunya memberikan manfaat yang besar bagi manusia.

Berikut ini adalah produk atau bahan alami yang dihasilkan lebah, antara lain:

1. Madu

My Madu Lengkeng dalam Produk Lebah dan Manfaatnya Bagi ManusiaBahan alami inilah yang paling terkenal dari lebah. Madu lebih banyak dihasilkan oleh lebah madu. Lebah memproduksi madu dari nektar bunga. Proses pengolahan dari nektar menjadi madu meliputi penguapan dan regurgitasi. Madu memiliki rasa manis menyerupai gula pasir. Umumnya, madu dikonsumsi dalam bentuk cair.

Madu mengandung glukosa, fruktosa, maltosa, sukrosa, karbohidrat, enzim diatase, dan enzim invertase. Madu biasanya digunakan sebagai pemanis alami atau obat kesehatan. Madu bermanfaat sebagai anti bakteri, antioksidan, anti tumor, dan anti inflamasi. Selain itu, madu juga berperan sebagai penyedia energi. Madu cocok dikonsumsi bagi orang yang sedang sakit atau pun orang yang ingin menjaga kesehatan tubuhnya.

2. Bee Pollen

Bee Pollen Dr. Liza dalam Produk Lebah dan Manfaatnya Bagi ManusiaBagi sebagian orang, bee pollen terasa asing di telinga mereka. Bee pollen adalah serbuk sari dari lebah. Bee pollen didapatkan dengan cara mengumpulkan serbuk sari yang terdapat pada badan dan kaki lebah-lebah pekerja. Bee pollen biasanya tersedia dan dijual dalam bentuk kapsul, butiran, cair, dan tablet.

Bee pollen dipercaya memiliki banyak manfaat karena mengandung sejumlah zat penting seperti asam amino, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, enzim, dan protein. Beberapa manfaat bee pollen yang dikenal oleh masyarakat antara lain mengatasi sulit BAB (buang air besar), mengobati gangguan prostat, membantu penyembuhan luka, meringankan nyeri sebelum menstruasi, serta memberi pasokan antioksidan untuk tubuh. Beberapa manfaat dalam bentuk perawatan dan kecantikan tubuh juga dipercaya bisa diperoleh dari bee pollen ini. Di antaranya adalah memperlambat penuaan, mengatasi jerawat, menghaluskan kulit dan wajah, serta meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

3. Propolis

Red Propolis Liquid 10 ml dalam Produk Lebah dan Manfaatnya Bagi ManusiaProduk yang dihasilkan lebah lainnya adalah propolis. Propolis terbentuk dari beeswax dan kotoran lebah sendiri yang tercampur dengan getah pohon tertentu. Dalam sarang, propolis sendiri digunakan lebah untuk menutup celah dan retakan serta memperkecil lubang pintu masuk menuju sarang.

Propolis mengandung semua vitamin kecuali K, semua mineral kecuali sulfur, dan 16 asam amino untuk regenerasi sel dan ketahanan tubuh. Tak hanya itu, di dalam propolis juga terkandung bioflavonoid, yaitu antioksidan untuk regenerasi sel. Propolis juga bersifat sebagai desinfektan alami untuk membunuh berbagai kuman.

4. Royal Jelly

Nutrimax Royal Jelly 30 Kapsul dalam Produk Lebah dan Manfaatnya Bagi ManusiaRoyal jelly merupakan zat berupa cairan kental berwarna putih seperti susu yang dihasilkan oleh kelenjar pada tenggorokan bagian bawah dari lebah pekerja. Royal jelly sebenarnya adalah pakan khusus atau utama untuk larva lebah ratu. Royal jelly diproduksi dengan menggunakan mangkokan ratu yang diisi dengan larva umur 1-2 hari dan dipasangkan pada bingkai yang selanjutnya dimasukkan ke dalam koloni.

Royal jelly ini mengandung protein, gula, lemak, dan asam HDA. Produk lebah yang satu ini ini juga kaya vitamin B, terutama asam pantotenat. Kandungan-kandungan tersebut membuat royal jelly bermanfaat sebagai anti tumor, antioksidan, anti inflamasi, anti bakteri, anti alergi, anti aging, dan anti hipertensi. Selain itu, royal jelly juga dimanfaatkan untuk menambah stamina, mengurangi gejala menopause, penyembuhan penyakit, serta sebagai bahan campuran kosmetik dan obat-obatan.

Itulah ulasan mengenai produk lebah dan manfaatnya bagi manusia. Sekarang Anda tahu, ternyata ada bahan-bahan alami yang dihasilkan lebah selain madu. Bahan-bahan di atas bisa Anda pertimbangkan sebagai alternatif untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga.

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.


Artikel Lainnya:

15 Manfaat Kulit Buah Manggis Untuk Kesehatan

[BANGLE] Ciri, Kandungan Gizi, dan Khasiat Bangle

Daun Sirih : Jenis dan Manfaat

Q Slim dalam Mengenal Produk Lebah dan Manfaatnya Bagi Manusia

0 Comments

Leave a reply