Menopause Dini: Penyebab, Gejala, dan Cara Pencegahannya

Menopause Dini: Penyebab, Gejala, dan Cara Pencegahannya
17 Juni 2017 admin

Penyebab menopause dini

Menopause merupakan berhentinya proses produksi sel telur. Atau sel telur yang di produksi sudah habis dan tidak ada lagi. Menopause sendiri biasanya terjadi pada wanita yang umurnya 40 tahun ke atas. Apakah menopause bisa terjadi pada wanita 40 tahun ke bawah? Memang banyak sekali kita jumpai wanita yang sudah mengalami menopause pada usia yang masih terbilang muda. Hal itu biasa kita sebut dengan menopause dini. Lalu, apa penyebab menopause dini?  Berikut ini adalah penyebab menopause dini yang perlu kita waspadai.

  • Faktor keturunan bisa menjadi salah satu penyebab menopause dini. Jika ibu atau nenekmu mengalami menopause dini maka kamu harus waspada. Karena bisa jadi hal itu akan menurun ke kamu.
  • Radiasi, paparan radiasi yang sering mengenai tubuh akan membuat sel telur yang kita produksi menjadi mati. Sehingga lama kelamaan produksi sel telur juga akan berhenti. Dan pada akhirnya mengalami menopause sebelum waktunya. Beberapa radiasi yang dapat menjadi penyebab menopause dini antara lain adalah radiasi HP, radiasi laptop, radiasi kemoterapi, radiasi radioaktif, dll.
  • Penyakit kista juga bisa menjadi penyebab kemandulan dan juga menopause dini. Produksi sel telur akan terhambat dengan adanya kista. Penyakit kista juga semakin hari akan semakin membesar. Dan satu satunya jalan untuk membuangnya adalah dengan mengoperasinya. Jika dilakukan operasi maka otomatis rahim akan di angkat. Lalu apa jadinya ketika rahim kita di angkat? Tamat sudah keinginan kita untuk memilki keturunan.
  • penyebab menopause dini - merokokMerokok merupakan kebiasaan buruk yang juga menjadi salah satu penyebab menopause dini. Beberapa penelitian dilakukan untuk mencari tahu efek smping rokok bagi kesehatan reproduksi wanita. dan faktanya wanita perokok akan lebih cepat mengalami menopause dibanding dengan wanita yang tidak merokok. Hal itu disebabkan zat zat yang terkandung pada rokok dapat membunuh sel telur secara perlahan.
  • Alkohol memang memilki banyak sekali dampak buruk. Termasuk dapat menyebabkan menopause dini. Terlalu sering minum alkohol akan menyebabkan sel telur menjadi mati dan produksinya pun juga akan terhambat
  • Wanita yang mempunyai berat badan berlebihan atau obesitas juga beresiko besar mengalami menopause dini. Hal ini disebabkan karena tertimbunnya esterogen di dalam jaringan lemak. Sehingga produksi sel telur akan terganggu.
  • Sering melakukan mastrubasi juga dapat menyebabkan terjadinya menopause dini. Apalagi jika mastrubasi dilakukan menggunakan alat misalnya vibrator dan sejenisnya. Hal itu tentunya akan dapat menyebabkan masuknya kuman dan bakteri yang dapat menyerang sel telur.
  • Kurang berolahraga juga beresiko mengalami menopause dini. Olahraga memang dikenal dengan kegiatan yang paling banyak manfaatnya. Olahraga juga akan memperlancar hormon pada tubuh kita. Termasuk hormon pada organ reproduksi. itu berarti jika kita tidak pernah melakukan olahraga maka akan membuat hormon pada organ reproduksi tidak lancar dan tidak berjalan dengan baik. Sehingga padaakhirnya menyebabkan menopause dini.

penyebab menopause dini - makanan cepat saji

  • Terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji juga akan menyebabkan terjadinya menopause dini. Makanan cepat saji akan menyebabkan tingginya kolesterol dalam tubuh kita. Dan kolesterol yang terlalu banyak juga akan memperburuk dan merusak hormon esterogen.
  • Sering memakai celana ketat juga dapat menyebabkan menopause dini. Karena celana yang ketat dapat membunuh sel telur dan dapat menghambat pertumbuhannya.

Itulah beberapa penyebab menopause dini yang perlu kita waspadai. Jika salah satu penyebabnya adalah kebiasaan yang kamu lakukan shari hari, maka mulai dari sekarang berhenti dan hindari kebiasaan tersebut.

Tanda tanda atau gejala menopause dini

Bukan hanya penyakit mematikan saja yang mempunyai gejala. Menopause dini juga mempunyai gejala atau tanda tanda. Biasanya gejala ini akan muncul sebelum siklus menstruasi terhenti permanen. Berikut tanda tanda atau gejala menopause dini yang perlu kamu waspadai juga.

gejala menopause dini - gairah seks menurun

  • Gairah seks menurun
  • Osteoporosis karena kalsium berkurang
  • Tidak teraturnya siklus mestruasi
  • Sering telat datang bulan
  • Mengalami menstruasi tidak setiap bulan
  • Suhu badan yang selalu meningkat
  • Vagina kering & tidak ada cairan sedikitpun
  • Mood yang mudah berubah
  • Berat badan naik secara drastis
  • Sering berkeringat di malam hari
  • Susah tidur dan sering mengalami insomnia
  • Penurunan daya ingat & konsentrasi

alat uji kesuburan

Itulah beberapa tanda atau gejala menopause dini. Kamu harus hati hati jika mengalami salah satu gejala di atas. Intinya menopause dini adalah habisnya masa subur seorang wanita. kamu bisa mengecek seberapa besar level kesuburan kamu dengan menggunakan alat uji kesuburan. dan gunakanlah alat uji kesuburan yang benar benar akurat dan terpercaya. Hal itu dilakukan agar kamu dapat mengetahui  seberapa besar tingkat kesuburan kamu. Jika kamu mengetahui seberapa besar tingkat kesuburanmu makaa kan membuatmu lebih berhati hati dalam melakukan kebiasaan yang dapat menyebabkan habisnya masa subur (menopause dini).

Cara mencegah menopause dini

Menopause merupakan kiamat bagi seorang wanita. dan tamatlah sudah harapan untuk memilki keturunan. Menopause dini bisa terjadi pada siapa saja. bisa terjadi padaorang yang sakit maupun orang yang sehat. Jika tidak ingin mengalami menopause dini, maka simak cara mencegah menopause dini dibawah ini. Kamu harus mengetahuinya, agar menopause dini tidak terjadi pada kamu.

  • Memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung fitoestrogen

Hormon yang paling berperan aktif dalam proses pembentukan sel telur adalah hormon estrogen. Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya menopause dini maka kamu dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung fitoestrogen. Makanan yang mengandung fitoestrogen antara lain adalah pepaya, bengkuang, teh hijau, kacang kedelai, biji bunga matahari (kuaci), wijen, dll.

  • Olahraga teratur

vara mencegah menopause dini - olahraga teratur

dengan rutin berolahraga maka akan dapat menurunkan resiko terjadinya menopause dini. Olahraga dapat membantu memperlancar tugas dan fungsi estrogen dalam proses pembentukan sel telur. Lakukanlah olahraga yang ringan ringan saja.

  • mengkonsumsi royal jelly dan madu

mumpung masih muda, sering seringlah mengkonsumsi royal jelly dan madu. Kita akan merasakan manfaatnya ketka sudah tua nanti. Karena didalam royal jelly dan madu terdapat beberapa kandungan seperti vitamin B, asam lemak esensial, enzim, dan mineral yang dapat meningkatkan produksi sel telur sehingga menopause akan semkin tertunda.

  • Sering mengkonsumsi daun kemangi

cara mencegah menopause dini - mengkonsumsi daunkemangi

Dalam satu tangkai daun kemangi mengandung beberapa senyawa yang berguna untuk merangsang produksi hormon androgen dan juga estrogen. Ketika hormon estrogen meningkat maka otomatis produksi sel telur pun akan meningkat. jadi kemangi mampu menunda menopause dan mencegah menopause dini.

  • Sering memakai celana longgar

Sudah kita bahas sebelumnya, celana yang ketat memang dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan sel telur. Oleh karena itu pakailah celana yang longgar atau pakai rok agar sel telur tidak terhambat pertumbuhan dan produksinya.

  • Konsumsi buah dan sayur yang mengandung serat dan anti oksidan

Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat atau fiber menjadi salah satu cara mencegah menopause dini. Karena serat dapat membuat sel telur leluasa berkembang. Selain  serat, di anjurkan juga untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung anti oksidan untuk mencegah menopause dini. Karena anti oksidan dapat melindungi sel telur dari serangan radikal bebas.

herbal penyubur - ovuma

  • Mengkonsumsi herbal penyubur

Menopause dini terjadi karen berhentinya produksi sel telur. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk memperbanyak produksi sel telur mumpung belum terjadi menopause. Salah satu caranya adalah mengkonsumsi herbal penyubur. Pilihlah herbal penyubur yang benar benar aman dan terpercaya. dan pastikan juga bahwa herbal penyubur yang kamu konsumsi sudah mendapat ijin daridepartemen kesehatan.

  • Mengkonsumsi kecambah dan buah naga merah

Untuk mengkonsusmi kecambah dan buah naga merah juga merupakan alternatif yang pas untuk mencegah menopause dini karena kecambah dan buah naga merah memilki manfaat menyuburkan sperma dan juga sel telur.

Itulah beberapa cara mencegah menopause dini. Jangan sampai menopause dini terjadi pada kita atau teman kita. Karena jika sampai terjadi, maka tamatlah keinginan kita untuk memilki keturunan nanti. Menopause dini juga akan membuat masa depan dan masa tua nanti menjadi suram. Karena di masa tua nanti kita membutuhkan anak untuk selalu mendampingi kita.

Baca juga

telat datang bulan? ini penyebabnya

manfaat sperma jika ditelan oleh istri

7 penyebab wanita sulit hamil

 

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*