Penyebab & Cara Mengatasi Kram Perut pada Saat Menstruasi

Penyebab & Cara Mengatasi Kram Perut pada Saat Menstruasi
10 Juli 2017 admin

Cara mengatsi kram perut saat menstruasi – menstruasi atau haid merupakan siklus normal yang dialami setiap perempuan.menstruasi sendiri merupakan meluruhnya sel telur dalam rahim yang tidak dibuahi oleh sel sperma sehingga meluruh menjadi darah menstruasi. umumnya menstruasi pertama dialami oleh wanita yang berusia 9 -15 tahun. Jika pada umur 16 tahun seorang wanita belum mengalami menstruasi berarti hal itu patut dipertanyakan.

Saat mengalami haid pertama biasanya wanita akan mengalami kram perut atau sakit perut disekitar rahim. Wanita selalu resah dan takut pada saat mengalami kram perut pada saat pertama kali menstruasi. hal itu terjadi karena mereka bingung apakah gejala kram perut pada saat menstrusi merupakan gejala yang normal atau tidak. Lalu,apa penyebab kram perut saat menstruasi? simak yuk, biar nggak salah paham…

Penyebab kram perut pada saat menstruasi

Dalam dunia medis, kram perut atau rasa nyeri pada saat menstrusi biasa disebut dengan dismenore. Bagi wanita yang bingung dan bertanya tanya mengenai gejala kram perut pada saat menstruasi merupakan hal yang normal atau tidak, maka jawabnnya adalah normal. selagi rasa sakitnya tidak berlebihan dan keluarnya darah mens masih teratur. Periksalah ke dokter jika kram perut yang kamu rasakan bener benar berlebihan disertai dengan siklus menstruasi yang tidak lancar dan tidak teratur.

penyebab kram perut pada saat menstruasi

Penyebab Kram perut pada saat menstruasi tak lain disebabkan oleh zat prostaglandin. zat ini merupakan zat yang berperan aktif dalam proses siklus menstruasi. zat prostaglandin akan muncul pada setiap lapisan rahim pada saat siklus menstruasi akan dimulai. Zat prostaglandin akan merangsang kontraksi peluruhan sel telur pada dinding rahim. Nah, proses peluruhan inilah yang menyebabkan dinding rahim menjadi terasa nyeri. Dalam hal ini kita dapat mengibaratkan jika kita makan buah rambutan. Kita akan mengambil daging buah rambutan yang menempel pada biji. Nah, pada saat kita mengambil dan menguliti daging buahnya, maka biji buah akan terasa sakit. kamu bisa membayangkannya sendiri.

Selain dikarenakan kontraksi dari zat prostaglandin, kram perut pada saat menstruasi juga disebabkan karena derasnya aliran darah haid yang melewati leher rahim yang masih sempit. Namun, bisanya rasa sakit tersebut akan berkurang setelah melahirkan nanti. Karena setelah melahirkan, leher rahim akan terbuka dan melebar.

Cara mengatasi kram perut pada saat menstruasi

Hampir semua wanita mengalami kram peut pada saat menstruasi. ada yang mengalaminya namun masih bisa menjalankan akttivitas. Ada pula yang mengalami kram perut disertai dengan lemas dan mual sehingga tidak dapat beraktivitas. Tapi ada juga lho wanita yang tidak mengalami kram perut pada saat menstruasi. apakah kamu tipe wanita yang sering mengalami kram perut saat menstruasi? jangan khawatir… lakukan cara mengatasi kram prut pada saat menstruasi ini agar kamu tetap bisa menjalankan aktivitas dengan normal.

1. Kompres dengan air hangat

Isi botol dengan air panas kemudian tempelkan botol tersebut pada bagian perutmu yang tersa nyeri. Jika tidak ingin perutmu kepanasan maka gunakanlah air yang hangat saja dan tidak terlalu panas. Air hangat akan membuat dinding rahim menjadi rileks sehingga akan mengurangi kram pada perut.

2. Banyak bergerak

Biasanya menstruasi akan membuat wanita menimbulkan perasaan yang tidak nyaman. Rasa ketidaknyamanan tersebut akan membuat kita menjadi malas malasan dan ogah bergerak. Apalagi jika rasa tidak nyaman tersebut ditambah dengan rasa nyeri tentunya akan semakin membuat kita malas beraktivitas. Tapi mulai dari sekarang lawan rasa malas tersebut! Banyaklah bergerak pada saat menstruasi. dengan melakukan banyak aktivitas maka akan membuat siklus menstruasi menjadi semakin lancar. Lebih bagus lagi jika kamu mau melakukan olahraga. Olahraga akan membuat tubuh kita memproduksi hormon endrofin. Nah, hormon endrofin ini akan mengurangi rasa nyeri pada perut. akan tetapi, lakukanlah olahraga yang ringan ringan saja.

3. Memijat perut disekitar dinding rahim sebelum menstruasi

Pijatlah dengan lembut dan dengan gerakan memutar pada perut bagian dinding rahim. Atau di area perut yang terasa nyeri. Tapi lakukanlah pijatan beberapa hari sebelum menstruasi tiba.

4. Lakukan posisi gerakan seperti gambar dibawah

cara mengatasi kram perut pada saat menstruasi

Dengan melakukan posisi di atas, maka akan membuat darah menstruasi akan keluar dan meluruh dengan lancar. Sehingga rasa nyeri atau kram perut pada saat menstruasi akan berkurang.

5. Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Konsumsilah makanan bergizi yang mengandung omega 3, vitamin E, dan asam lemak karena dapat mencegah dan mengurangi kram perut pada saat menstruasi. untuk lebih jelasnya silahkan lihat di makanan yang dapat mengatasi kram perut pada saat menstruasi.Usahakan untuk menghindari alkohol, soda, dan junkfood karena akan dapat menambah rasa nyeri padaperutmu. Hindari juga makanan yang pedas karena makanan pedas akan dapat menambah rasa nyeri dan kram pada perut.

Cara mengatasi kram perut pada saat menstruasi di atas dapat kamu lakukan. karena kram perut akan menyebabkan aktivitasmu tidak berjalan dengan baik. Selain dapat mengatasi kram perut, cara cara di atas juga dapat melancarkan siklus menstruasimu.


lhiforhaid, obat herbal kewanitaan yang mampu mengatasi kram perut pada saat menstruasi & juga melancarkan menstruasi

lhiforhaid - obat herbal kewanitaan

lhiforhaid merupakan obar herbal kewanitaan  yang telah diracik oleh salah satu dokter IPB  yaitu Dr. Liza. lhiforhaid merupakan herbal yang fokus pada masalah masalah kewanitaan saja. Lhiforhaid cocok buat kamu yang mengalami permasalahan pada saat menstruasi. yaitu mampu melancarkan siklus menstruasi dan juga meredakan rasa nyeri karena kram perut.

selain dapat melancarkan dan menghilangkan rasa nyeri pada saat menstruasi, lhiforhaid juga mampu mengobati semua gangguan kewanitaan seperti keputihan, bau pada vagina, bahkan dapat menyembuhkan kanker serviks. Bahan utama yang digunakan untuk meracik lhiforhaid adalah temu putih, kunyit, dan daun pegagan. Disini, temu putih berperan aktif untuk membunuh bakteri penyebab keputihan. Kunyit berperan aktif untuk melancarkan menstruasi dan menghilangkan kram perut pada saat menstruasi. dan yang terakhir daun pegagan yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah. Untuk masalah efek samping, obat herbal kewanitaan ini sama sekali tidak menimbulkan efek samping. Karena obat herbal ini tidak dicampur dengan bahan kimia apapun.

baca juga

12 makanan penambah libido yang perlu kamu coba

kanker payudara: penyebab, gejala, diagnosa, dan pengobatan

Mrs. V kering: penyebab dan cara mengatasinya

14 manfaat buah mahkota dewa

 

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*