Perbedaan Antara Kunyit, Temulawak, & Temu Putih: Mulai dari Bentuk, Rasa Hingga Khasiatnya

Perbedaan Antara Kunyit, Temulawak, & Temu Putih: Mulai dari Bentuk, Rasa Hingga Khasiatnya
14 Juli 2017 admin

Perbedaan antara kunyit,  temulawak, & temu putih – sudah tidak dapat dipungkiri lagi, negara kita Indonesia memang negara yang sangat kaya akan rempah rempah dan bahan makanannya. Bahkan negara negara lain yang lebih maju dan lebih modern pun belum tentu memilki tanah yang subur seperti tanah air kita ini. sebenarnya apa sih, yang menjadi alasan para kolonial belanda menjajah Indonesia, Menaklukkan daerah? Mencari emas? Mencari harta karun? Mencari budak?  NO WAY!  Yang menjadi penyebab para penjajah datang ke negara kita tak lain adalah karena mengincar rempah rempah yang dimilki Indonesia.

Ya, para penjajah ingin mengambil rempah rempah yang ada di Indonesia karena mereka tahu bahwa rempah rempah tidak hanya digunakan sebagai bahan masakan saja, akan tetapi juga memilki manfaat yang luar biasa. ada banyak rempah rempah yang sering digunakan para pakar herbal untuk dijadikan sebagai obat atau ramuan.

Contoh rempah rempah yang mempunyai manfaat pengobatan penyakit adalah kunyit, temulawak, & temu putih. Ke-3 rempah rempah tersebut memang memilki banyak sekali khasiat. Namun, sayangnya banyak yang tidak dapat membedakan ke-3 bahan masakan tersebut lantaran bentuknya yang hampir mirip. Untuk itu, buat yang belum tahu perbedaannya, simak yuk perbedaan antara kunyit, temulawak, & temuk putih. Ceck it dot

baca juga artikel 12 tanaman herbal yang dapat dijadikan obat alami diabetes

Perbedaan antara kunyit, temulawak,& temu putih mulai dari bentuk, rasa, hingga khasiatnya

Sebenarnya cara membedakan kunyit, temu lawak, maupun temu putih mudah mudah saja. karena ke-3 rempah rempah tersebut memilki aroma dan bentuk yang berbeda. Walapun bentuknya hampir 85% mirip. Namun, bagi para ibu rumah tangga yang sudah terbiasa menghadapi bahan bahan masakan tersebut sangatlah mudah untuk membedakannya. Buat yang belum tahu, simak yuk perbedaannya.

Perbedaan bentuk

  • Kunyit (Curcuma domestica)

warna & bentuk kunnyit

Kunyit merupakan tanaman dengan  batang yang semu dengan ketinggian sekitar 40 – 100 cm. jika melihat tanaman temulawak dan temu putih, maka kita akan melihat adanya garis garis hitam horizontal pada daunnya. Maka sebalinknya, daun yang dimilki oleh tanaman kunyit cenderung polos. Soal warna, memang sulit untuk membedakan antara kunyit dan temulawak karena kedua rempah rempah tersebut memilki rimpang dengan warna dasar yang sama, yaitu orange. Tapi jika kita perhatikan lebih teliti dan mendetail, warna orange pada rimpang kunyit lebih terlihat cerah dan mencolok dibanding rimpang temu lawak.

  • Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)

warna & bentuk temulawak

Sama seperti kunyit, tanaman temulawak juga memilki batang yang semu. Namun, umumnya batang semu yang dimiliki oleh temulawak lebih tinggi daripada ketinggian batang kunyit. Batang semu temulawak berkisar antara 1-2 meter. Jika kita melihat tanamnnya, kita juga akan melihat adanya garis garis hitam horizontal yang ada pada daun temulawak. Tidak hanya batang tanamannya yang sama sama semu seperti kunyit, warna dari rimpang temulawak itu sendiri juga hampir sama dengan rimpang kunyit. Yaitu mempunyai warna dasar orange. Namun, warna orange pada rimpang temulawak tidak secerah kunyit, malah agak sedikit pudar dan juga terdapat sedikit guratan warna hitam semu pada rimpangnya.

  • Temu putih (Curcuma zedoaria)

warna & bentuk temu putih

Seenarnya temu putih dan temulawak merupakan kerabat yang sangat dekat. pada tanamannya daunnya temulawak dan temu putih sama, yaitu sama sama memilki garis hitam horizontal. Ukuran batang tanamnnya juga sama yaitu sekitar 1- 2 meter. Satu satunya hal yang membedakan bentuk dari kedua rempah rempah ini adalah warnanya. Jika rimpang temulawak memilki warna orange, maka rimpang temu putih memilki warna dasar putih. Sesuai namanya yaitu temu putih. Warna rimpang  putih pada temu putih kadang juga berbeda beda. Ada yang warna putihnya agak sedikit kekuning kuningan, ada yang agak sedikit kecoklat coklatan, dll.

Perbedaan rasa

  • Kunyit (Curcuma domestica)

Kunyit memang memilki rasa yang sangat khas. Jika kita cicipi sedikit, kita akan merasakan adanya sedikit rasa manis pada kunyit. Selain rasanya, kunyit juga sangat cirikhas dengan aromanya yang sedap dan tidak sengur.

  • Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)

Sebelum mencicipi temulawak, kamu akan menghirup aroma yaang agak sedikit sengur rempah rempah ini. jika kunyit memilki rasa yang agak sedikit manis, maka sebaliknya temulawak justru memilki rasa yang pahit.

  • Temu putih (Curcuma zedoaria)            

Soal rasa, lagi lagi temu putih juga mempunyai kesamaan dengan temulawak. Ya, itu memang disebabkan karena mereka adalah kerabat dekat. Tapi, hal ini akan membuat orang orang awam menjadi bingung. Namun, jika kita mau mencicipinya dan benar benar merasakannya, rasa dari temu putih sangatlah pahit. Bahkan lebih pahit dari temulawak.

Perbedaan khasiat

  • Kunyit (Curcuma domestica)

Soal manfaat, biasanya kunyit bermanfaat bagi sistem pencernaan manusia misalnya sakit maagh, kholik, luka pada usus atau lambung, dsb. Selain mengobati gangguan pencernaan kunyit juga mempunyai manfaat lain seperti mencegah kanker, meredakan stres, menurunkan jumlah kolesterol, meningkatkan fungsi otak, mengatasi maslah kulit, mencegah kepikunan , mencegah dan mengurangi diabetes, mempercepat peneyembuhan luka,hingga mengobati asma. Oh ya, kunyit juga bermanfaat lho, bagi orang yang sedang diet. karena kunyit juga dapat menurunkan berat badan jika di campur dengan asam. Jika ingin mendapatkan manfaatnya, silahkan minum sari kunyit yang sudah berbentuk air.

  • Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)

temulawak kapsul

Khasiat utama temu lawak adalah memperbaiki nafsu makan. Namun, temulawak memilki khasiat lain sehingga orang orang sering menjadikannya sebagai ramuan. Manfaat tersebut antara lain adalah memelihara kesehatan hati, mengatasi penyakit hepatitis, mengobati sakit kuning, mengatasi perut kembung, mengatasi wasir, mengurangi radang sendi, menurunkan kolesterol, mencegah dan melawan kanker, mengatasi masalah ginjal,menyembuhkan bisul, meredakan kelelahn otot, dsb. dengan meminum ramuan temu lawak, maka kamu akan merasakan khasiatnya. temulawak kapsul  juga sekarang sudah di jual di pasaran.

  • Temu putih (Curcuma zedoaria)

temu putih kapsul

Temu putih sering dijadikan sebagai ramuan atau obat karena memilki khasiat mengobati penyakit mematikan seperti kanker dan tumor. Ya, khasiat utama temu putih adalah mampu membantu mengatasi kanker dan tumor. Namun, tanaman ini memilki khasiat lain yaitu meredakan stres dan kecemasan, mengobati gejala athritis, mengurangi gejala sakit maagh, mengobati moim, melancarkan peredaran darah, mengobati peradangan, mengurangi bau nafas, dll. minumlah ramuan temu putih atau temu putih kapsul agar khasiat tersebut dapat kamu rasakan.

curcumag

 

Itulah informasi yang dapat saya berikan mengenai perbedaan antara kunyit, temulawak, & temu putih. Pada dasarnya ke-3 rempah rempah tersebut khasiat yang luar biasa. jika ingin mendapatkan manfaatnya secara keseluruhan, maka konsumsilah ke-3 tanaman tersebut secara bersamaan. Atau kamu juga bisa mengkonsumsi curcumag. Karena curcumag merupakan obat herbal yang komposisinya terbuat dari kunyit, temu lawak, & temu putih.

jangan lewatkan juga

10 fakta seputar diabetes yang sangat penting untuk diketahui
agar istri makin cinta, miliki 9 kelebihan pria berikut ini
daun kemangi (daun serbaguna): kandungan gizi & manfaat

 

 

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*