Pilih Belanja Online apa Offline Ya? Tentukan Pilihanmu Sekarang Juga!

Pilih Belanja Online apa Offline Ya? Tentukan Pilihanmu Sekarang Juga!
8 Agustus 2017 admin

Pada dasarnya, belanja online maupun offline memiliki persamaannya, yaitu sama-sama membeli sutu produk. Namun yang membedakan terkadang hal yang satu ini, yaitu berbeda segi cara membelinya. Ketika kita melakukan belanja offline, artinya kita membeli suatu produk tersebut langsung kepada penjualnya.

Sedangkan berbelanja online artinya membeli produk melalui sarana komunikasi yang terhubung dengan koneksi internet, dapat melalui laptop, smartphone dengan megunjungi salah satu marketplace kemudian orser barang melalui website tersebut. Kemudian melakukan pembayaran dengan melalu transfer bank.

Nah, kalian mau pilih yang mana? Belanja online atau offline? Antara belanja online maupun offline tentunya ada beberapa kelebihan dan juga kelemahan. Berikut ini akan kami jelaskan selengkapnya!

Pilih Belanja Online apa Offline Ya? Tentukan Pilihanmu Sekarang Juga!

Banyak sekali dari kita yang mengabaikan hal ini, karena dengan kecanggihan tekhnologi yang sekarang ini kita dimanjakan oleh berbagai macam keenakan pilihan. Namun, hal tersebut membuat kita harus jeli agar terhindar dari penipuan dunia maya. Bisa jadi kita memilih produk yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan.

Maraknya toko onlen sekarang ini sangat mempermudah kita untuk berbelanja secara online. Toko online juga biasanya digunakan untuk meluaskan jangkauan pemasaran dari sebuah produk ataupun jasa dibandingkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh penjual offline.

Jangkauan pasar produk atau jasa secara offline tidak begitu luas, mungkin hanya sebatas regional atau daerah tertentu saja yang tahu toko offline tersebut, hanya karena lewat atau mengetahui dari mulut ke mulut saja. Sangat berbeda sekali dengan toko online yang jangkauan pasarnta adalah dunia global atau mendunia karena setiap sudut dunia sudah pasti menggunakan yang namanya internet sehingga dapat diakses oleh setiap manusia di dunia.

Apa yang Akan kita dapatkan ketika Berbelanja Online?

Lalu apa yang menjadi titik perbedaan dari belanja online dan offline, sehingga kita dapat memilih  berbelanja online apa offline? Berikut ini akan kami sajikan beberapa hal mengenai perbedaan belanja online apa offline.

Hemat Waktu

Dengan tiduran di depan komputer apa sambil duduk pegang gadget anda sudah dapat berbelanja dengan berbagai macam barang yang anda butuhkan. Tentunya gadget dan laptop anda sudah terhubungn dengan koneksi internet dan melakukan komunikasi dengan pemiliki marketplace.

Banyak Pilihan Produk

Kelebihan dari situs jula beli onlen adalah mampu menyediakan barang dengan berbagai jenis atau lebih variatif dibandingkan dengan belanja dengan offline. Mulai dari barang yang sederhana, murah, sampai dengan barang yang sangat mahal semuanya akan tersedia disini, semuanya ada. Dan hebatnya, anda dapat memilih produk dengan membandingkan harga dari toko satu dengan toko-toko yang lainnya serta anda dapat mengupdate jenis dan model terbaru.

Harga yang Ditawarkan Lebih Murah

Harga yang ditawarkan oleh toko online biasanya lebih murah daripada toko konvensional. Anda harus pandai dalam membandingkan harga di pasaran. Karena apa? Karena pemilik toko online biasanya tidak perlu repot untuk menyediakan tempat yang khusus sehingga dapat menghemat biaya operasional. Dan beberapa orang juga menyediakan barang-barang grosir sehingga ada harga khusus yang lebih murah daripada yang dijual konvensional.

Resiko Kerugian Sedikit

Resiko yang didapatkan dalam proses produksi sangat sedikit. Dalam melakukan penjualans ecara offline tentu penjual akan membuat banyak item produk untuk menarik pelanggan yang sedang berkunjung, namun hal tersebut tidak berlaku kepada penjual online. Banyak dari pengusaha online yang hanya memperlihatkan produk contoh mereka dengan foto sehingga barang akan baru dibuat setelah pemesanan. Hal ini sangat menguntungan bagi pengusaha online tanpa merugikan pihak pembeli.

“Nah, diatas sudah kami jelaskan beberapa hal yang menjadi keuntungan dalam berbelanja online, sekarang kita akan membahas tentang bagaimana kerugian yang akan kita dapatkan ketika berbelanja online, berikut selengkapnya!”

belanja online vs offline

Pembeli adalah Raja

Semua fasilitas yang mudah dan nyaman harus diberikan kepada calon pembeli oleh penjual agar proses jual beli berlangsung dengan baik. Penjual tentunya harus menyiapkan mental baja untuk melayani pembeli yang menawar harga dengan sadis dan bahkan harus ekstra sabar dalam melayani pembeli. Selian itu, penjual harus menyediakan rekening dari berbagai bank agar pembeli tidak merasa direpotkan dengan transaksinya.

Maraknya penipuan

Berbelanja online artinya berbelanja di dunia maya, modal awal dari usaha ini adalah kepercayaan. Tanpa adanya kepercayaan, maka pembeli tidak akan mau untuk memberikan uang kita agar melakukan transaksi sebelum menunggu barang yang kita kirim datang. Dengan kepercayaan tersebut, tentunya penjual akan mendapatkan banyak pembeli dari berbagai macam daerah karena nama yang telah dikenal. Namun perlu anda waspadai pula, banyak sekali penjual online yang melakukan penipuan yang sangat merugikan penjual maupun pembeli.

Ongkos Kirim

Tentu barang yang kita pilih dan akan kita beli tidak langsung bisa kita ambil. Pemilik toko online masih memerlukan jasa pengiriman barang. Selain itu, anda juga terkena biaya pengiriman barang oleh pemilik jasa pengiriman barang misalnya saja JNE, TIKI, Pos Indonesia dan sebagainya.

Seiring dengan perkembangan tekhnologi yang kian hari kian pesat membuat manusia sangat mudah dalam menjalankan aktivitas sehari-hari sebagai manusia modern. Perlahan kemudahan tekhnollogi dapat mengubah susunan pola aktivitas kita. Salah satunya adalah bagaimana mengubah pola belanja. Sekarang ini anda tak perlu lagi berdesakan, anti ke toko dan memilih produk dengan menghabiskan banyak waktu. Sekarang ini cukup dengan bermodalkan gadget atau smartphone anda sudah dapat memilih barang yang anda inginkan sehingga anda akan mendapatkan barang yang anda inginkan untuk diantar kerumah.

“Lalu bagaimana dengan penjual offline atau penjual konvensional? Semua sudah pasti memiliki pembeli sendiri-sendiri antara penjual online maupun dengan offline. Kalian pembeli bijak…. pilih pilihan yang bijak untuk kehidupan anda yang lebih baik”.

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*