Pilih Belanja Online Mana? MarketPlace atau Toko Online?

Pilih Belanja Online Mana? MarketPlace atau Toko Online?
10 Agustus 2017 admin

Belanja Online Aman,- Beberapa tahun belakangan ini, boleh dikatakan aktivitas belanja online sedang sangat meningkat di Indonesia. Ini tidak terlepas dari semakin mudah dan murahnya akses internet di Indonesia. Tidak lupa juga dengan sarana penjualan online yang meningkat begitu pesat belakangan ini.

Sarana penjualan online tersebut diantaranya adalah MarketPlace dan Toko Online. Dua pilar ini sangat mendominasi tempat belanja online di Indonesia, bahkan kepopulerannya mengalahkan sosial media dan iklan baris online.

Sayangnya, meningkatkanya sarana penjualan online ini dimanfaatkan oleh beberapa oknum tidak beranggung jawab untuk mengeruk keuntungan. Mereka berusaha menjual barang palsu dengan embel-embel asli harga miring. Akibatnya banyak pembeli yang tertipu dalam belanja online.

Belanja Online Aman Mana? MarketPlace Atau Toko Online?

Nah di kesempatan kali ini, admin akan membahas belanja online aman mana, antara marketplace atau toko online? Mengapa dua saja, karena dua sarana penjualan online itulah yang paling populer di Indonesia. Mari kita simak saja aman mana belanja online di marketplace atau toko online dibawah ini.

Belanja Online di MarketPlace

Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee, kami yakin pasti tidak asing di telingan Anda. Ya, memang harus diakui bahwa perkembangan marketplace di Indonesia sangatlah pesat. Hanya dalam kurun waktu 5 tahun saja sudah banyak marketplace besar dengan basis pembeli dan penjual tersendiri.

Marketplace ini merupakan pasar, cuma bentuknya tidak seperti pasar konvensional karena sudah online. Markeplace ini mempertemukan penjual dan pembeli online, mereka memberi tempat, fasilitas dan infrastruktur agar penjual dengan pembeli bisa dengan mudah melakukan transaksi secara online.

Semuanya dioperasikan secara otomatis sehingga memudahkan pembeli dalam belanja online. Ini juga yang menjadi alasan marketplace banyak diminati masyarakat Indonesia. Mudah tanpa perlu ribet dan hanya tinggal menunggu barang sampai rumah.

Akan tetapi terdapat celah pada marketplace yang dimanfaatkan oknum untuk meraih keuntungan. Salah satunya adalah dengan menjual produk palsu dengan harga murah. Karena pada marketplace yang harga murah pasti diminati, tidak peduli meski itu barang kw.

Lebih jelasnya tentang belanja online di marketplace, simak saja kelebihan dan kekurangannya berikut.

Kelebihan Belanja Online di Marketplace

  • Uang yang anda bayarkan belum bisa diterima penjual sampai anda menyatakan proses pembelian selesai. Ketika barang sampai dan Anda merasa barang tidak sesuai dengan deskripsi, bahkan tidak sesuai yang Anda cari, bisa komplain dan barang dikembalikan ke penjual dan uang dikembalikan ke Anda sepenuhnya.
  • Proses belanja lebih cepat, misalnya jika anda punya saldo di Tokopedia, tinggal klik dan otomatis proses belanja selesai.
  • Semua bisa dilayani oleh mesin.

Kekurangan Belanja Online di Marketplace

  • Marketplace yang ramai biasanya pasti ada banyak sekali penjual sehingga kemungkinan besar ada banyak penjual yang menjual barang yang sama sehingga yang seringkali terjadi adalah persaingan yang tidak wajar, lalu siapa yang di rugikan sebenarnya. Pembeli. Barang yang dijual sering barang KW agar bisa menjual harga murah. Pelanggan Anda dengan mudah pindah ke penjual lain karena seperti sebuah pasar, mereka akan dengan mudah ‘look around’ atau lihat-lihat ke penjual lain dan akhirnya kecantol di tempat lain.
  • Penjual dimarketplace tidaklah harus membangun brand. Karena banyaknya penjual dan pembelipun tidak ingat nama penjualnya hanya ingat nama marketplace nya. Jadi kembali lagi, barang yang dijual sering barang palsu.
  • Penjual hanya fokus menjual tanpa mengedukasi pembeli.
  • Interaksi antara penjual dan pembeli kurang.
  • Penjual dimarketplace belum tentu mempunyai toko online sendiri, padahal belum dikatakan penjual online kalau belum punya toko online atau website sendiri.
  • Jika Anda belanja barang-barang yang belum biasa Anda pakai atau tidak dipakai secara umum, Anda sulit mendapat gambarang lebih detail sehingga seringkali tanpa anda ketahui bahwa barang yang anda beli adalah palsu atau tidak seharusnya anda mengeluarkan uang segitu banyaknya. Anda sendiri tidak akan pernah tahu kalau anda sedang tertipu karena anda tidak bisa membandingkan antara yang asli dan palsu.

Belanja Online di Toko Online

Masalah popularitas, toko online masih dibawah marketplace untuk tempat belanja online. Padahal yang pertama kali muncul adalah toko online. Toko online ini biasanya berbetuk situs atau website yang melayani penjualan online barang-barang tertentu.

Untuk mendirikan toko online juga membutuhkan keahlian khusus. Butuh kemampuan coding, desain, komunikasi lisan dan tulisan. Jadi biasanya orang yang punya toko online itu serius berjualan tanpa ada niat penipu.

Tapi tetap saja ada oknum yang memaanfatkan untuk mengeruk keuntungan. Mereka menyewa orang untuk membuat toko online dan menjual produk palsu. Itu mengapa Anda harus cek ricek apa toko online tersebut mencantumkan alamat dan kontak asli. Karena kebanyakan toko online palsu tidak berani melakukannya.

Lebih jelasnya, silahkan Anda simak kelebihan dan kekurangan belanja online di toko online berikut ini.

Kelebihan Belanja Online di Toko Online

  • Penjual belum benar-benar jualan online jika tidak membangun atau memiliki website toko online. Tidak disebut penjual online jika hanya bergantung sepenuhnya pada tempat atau website orang lain (Facebook, Marketplace, Forum dll). Jika penjual belum benar-benar dikatakan penjual online jika belum punya toko online, begitu juga Anda belum dikatakan belanja online jika belum beli di toko online.
  • Penjual toko online biasanya punya produk sendiri, atau kerjasama dengan produsen secara lebih khusus. Sehingga kwalitasnya lebih bisa dipercaya.
  • Deskripsi produk yang lebih lengkap dan lebih panjang, banyak artikel pendukung yang menerangkan tentang produk dan fungsinya, menjadikan Anda lebih memahami betul barang yang akan Anda beli.
  • Penjual toko online yang baik tidak hanya menjual barang tapi berusaha pembeli menjadi mitra atau klien. Penjual mengedukasi pengunjung dengan banyak artikel-artikel yang mendidik, ada sosial media untuk bergabung sehingga setalah transaksi selesai hubungan anda dan penjual masih tetap terjalin.
  • Jika ada masalah apapun mereka lebih siap memberi solusi. Bahkan ada beberapa situs yang jika Anda tidak puas, padahal pembelian sudah terjadi berminggu-minggu yang lalu, Anda bisa komplain uang kembali. Sedangkan marketplace tidak bisa melakukan ini.
  • Anda dengan mudah untuk belanja kembali karena mereka punya situs sendiri yang mudah diingat.
  • Menjual di toko online ibarat menjua di toko, bukan dipasar, sehingga rebutan pembeli bisa diminimalisir, sehingga penjual lebih bisa meningkatkan kwalitas barang yang mereka jual.
  • Sangat cocok untuk belanja barang-barag yang tidak sering dipakai banyak orang, sanagt cocok untuk berlangganan. Namun kurang cocok untuk belanja barang-barang yang sudah dipakai banyak orang seperti sepatu, tas, dll.

Kekurangan Belanja Online di Toko Online

  • Pelayanan yang masih dilayani orang, seringkali sudah ditelpon tidak diangkat atau sudah sms tapi menunggu lama.
  • Pembeli harus konfirmasi pembayaran ke penjual sebelum ahirnya barang siap dikirim.

Jadi sekarang pertanyaannya aman mana, belanja di marketplace ataukah toko online. Itu semua tergantung pilihan Anda sendiri. Semua sama baiknya dan punya kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Jika Anda memilih belanja online di toko online. Pilihlah toko online yang berani mencantumkan alamat dan kontak asli, kalau perlu berani memberikan garansi. Karena itu akan meminimalisir penipuan saat belanja online.

Sebaliknya, jika Anda memilih belanja online di marketplace. Pilihlah yang direkomendasikan toko online dengan kriteria diatas. Karena terkadang ada juga toko online yang berjualan di marketplace.

Demikianlah artikel kami satu ini, semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

0 Comments

Leave a reply